Soal Kabel Jaringan Internet di Tangsel, Pengamat: APH Perlu Turun Tangan

Soal Kabel Jaringan Internet di Tangsel, Pengamat: APH Perlu Turun Tangan
Kabel udara fiber optic milik provider internet Indihome yang menjuntai di Jalan Aria Putra, Kedaung, Pamulang, Kota Tangsel tersangkut truk pengangkut kaca, Rabu (27/7/2022).

NONSTOPNEWS.ID - Pengamat kebijakan publik nasional, Tamil Selvan, menyoroti persoalan penataan jaringan telekomunikasi kabel udara fiber optic (FO) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Menurutnya, kabel udara fiber optic itu tidak hanya bicara soal estetika. Akan tetapi, seringnya kabel jaringan internet itu memanfaatkan utilitas umum, itu artinya ada pemanfaatan atas lahan berupa aset daerah.

Untuk itu kata Tamil, Aparat Penegak Hukum (APH) perlu turun tangan. Sebab katanya, pemanfaatan aset daerah memiliki aturan tersendiri.

“Ini kan bicara pemanfaatan aset daerah, apakah ada izin atau sejenisnya? Selama ini bagaimana, kok bisa mereka pasang jaringan internet seenaknya saja, kan pastinya aturannya kalau bicara penggunaan lahan berupa asset daerah itu,”

“Kalau sudah bicara aset daerah atau negara, saya kira APH, terutama pihak Kejaksaan harus sudah turun, karena tidak mungkin mereka bisa memasang infrastruktur jaringan internet itu di lahan aset daerah seenaknya, sehingga menumbulkan permasalahan seperti sekarang ini,” terang Tamil melalui WhatsApp messenger, Kamis (28/7/2022).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel melalui  Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) telah melakukan penertiban kabel-kabel internet udara di Jalan Raya Ceger, Kecamatan Pondok Aren, pada beberapa pekan lalu.

"Hari ini kita lakukan penertiban untuk kabel udara. Karena secara estetika memang sangat tidak baik ya. Ada sekitar 12 kabel fiber optic yang dipotong," kata Kasi Perencanaan Jalan dan Jembatan pada DSDABMBK Tangsel, Ramdan Arafat di lokasi, Kamis (14/7/2022).

Selanjutnya, sejumlah warga nekat menjemur pakaian di kabel udara jaringan internet di Jalan Tarumanegara, Ciputat Timur, Tangsel. Sebagai bentuk protes atas kesemrawutan kabel-kabel milik provider internet tersebut, Minggu (24/7/2022).

"Hampir sepanjang jalan ini kabel FO semrawut, ada yang sudah hampir turun ke jalan. Selain merusak pemandangan di lingkungan, juga bikin bahaya warga," kata warga sekitar, Saidina Ali.

Bahkan baru-baru ini kabel fiber optic jaringan internet Indihome yang menjuntai di Jalan Aria Putra, Kedaung, Pamulang, Tangsel tersangkut truk pengangkut kaca, pada Rabu (27/7/2022).

Kabel yang tersangkut membuat pengendara yang melintas, mengurangi kecepatan karena kabel milik provider Indihome ini berada di jalanan. Bahkan, tiang penyangga kabel jaringan internet tersebut nyaris ambruk menimpa pedagang yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Berdasarkan beberapa peristiwa tersebut di atas, benar apa yang dikatakan Kang Tamil, bahwa persoalan kabel udara jaringan internet, tak selamanya terkait dengan estetika, tapi juga terkait dengan persoalan lain yang menyertai, termasuk masalah perizinan, benarkah? (Kibo)


IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS