NonstopNews – Ekonomi – Kisah sukses UMKM Keripik Albaeta dari Desa Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, menjadi bukti nyata komitmen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dalam memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Berawal dari camilan sederhana Lebaran, keripik kentang Albaeta kini meraup omzet puluhan juta rupiah per bulan.
Related Post
Nafi, pemilik Albaeta, bercerita awalnya hanya membuat keripik kentang dari hasil panen kentang agria melimpah di dataran tinggi Dieng untuk suguhan tamu. Namun, dorongan keluarga dan teman mendorongnya untuk mengembangkannya menjadi usaha komersial. "Awalnya cuma coba-coba, tapi banyak saran untuk jadi usaha. Sejak itu Albaeta berkembang, dan produk kami diterima baik," ungkap Nafi.
Perkembangan pesat Albaeta tak lepas dari dukungan BRI. Bukan hanya akses layanan transaksi digital lewat BRImo dan QRIS, BRI juga memberikan edukasi pemasaran digital. Hal ini memungkinkan Albaeta menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan hingga platform e-commerce. Kini, konsumen di seluruh Indonesia dapat menikmati kelezatan keripik kentang Albaeta.
Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari, menegaskan komitmen BRI untuk memberdayakan UMKM secara menyeluruh. "UMKM seperti Albaeta contoh usaha lokal yang berkembang pesat dengan pemberdayaan tepat. BRI bukan sekadar bank, tapi mitra yang menghubungkan usaha kecil dengan peluang besar," tegas Supari. Dukungan BRI tak hanya finansial, tetapi juga mencakup promosi dan perluasan akses pasar. Sukses Albaeta menjadi inspirasi bagi UMKM lain untuk berkembang dan berinovasi.
Tinggalkan komentar