WOW! Tihar Targetkan 500 Kampung Iklim Bakal Berdiri Di Kota Tangerang

WOW! Tihar Targetkan 500 Kampung Iklim Bakal Berdiri Di Kota Tangerang (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID –  Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang berupaya menghadirkan lingkungan dan perkampungan yang ramah lingkungan atau Kampung Iklim. Rencananya akan ada pendampingan di 115 RW di Kota Tangerang guna mendirikan 500 Kampung Iklim.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Tihar Sopian mengatakan pada tahap awal tahun 2021 jajarannya akan membangun kampung iklim ini di 115 RW.

Kita akan berikan pendampingan di 115 RW di Kota Tangerang, untuk dilakukan diarahkan kepada kampung yang mandiri berbasis lingkungan, bagaimana memanfaatkan sampah rumah tangga, serta memaksimalkan lingkungan menjadi zona asri serta hijau," terangnya mantan Camat Karawaci, Kamis ( 15/04), saat Sosialisasi Program Kampung Iklim.

Mantan Kabid Pertamanan ini mengakui, kalau dirinya memiliki target kalau kampung Iklim ini akan di maksimalkan jumlahnya untuk lima tahun ke depan.

"Kita punya keyakinan untuk lima tahun kedepan jumlah kampung iklim akan mencapai 500 tempat di 500 RW," paparnya.

Sementara itu Walikota Tangerang Arief R Wismansyah Mengatakan komitmen Pemkot Tangerang dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta meningkatkan pemahaman terkait perubahan iklim dan dampak yang ditimbulkan.

"Program kampung iklim merupakan program dari Kementerian LHK. Kampung Iklim dirasa sangat sesuai dengan perubahan iklim yang terjadi akhir-akhir ini di beberapa kota," ujar Wali Kota dalam acara yang diikuti sejumlah pengurus RW se-Kota Tangerang.

Dengan tantangan yang dihadapi, lanjut Arief, kini masyarakat di sejumlah wilayah sudah mampu melakukan pengelolaan sampah dan lingkungan dengan cukup baik melalui pemanfaatan program kampung iklim.

"Misalnya banjir dan genangan melalui pembuatan biopori dan sumur resapan. RW yang sudah berjalan program kampung iklim harus bisa menularkan ke yang lain untuk ikut berpartisipasi," terang Wali Kota. (Red)