Turun Drastis, Segini Jumlah Penumpang di Bandara Soetta Pasca Larangan Mudik

Turun Drastis, Segini Jumlah Penumpang di Bandara Soetta Pasca Larangan Mudik (Ilustrasi/net)

NONSTOPNEWS.ID – Pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menurun sejak aturan larangan mudik berlaku pada tangga 6 Mei 2021 lalu. Diketahui, pengelola Bandara Soetta, PT Angkasa Pura II mencatat sebanyak kurang lebih 7.000 penumpang dalam sehari padahal sebelumnya mencapai 60.000 ribu perhari.

Executive General Manager Bandara Soetta, Agus Haryadi menuturkan, pergerakan penumpang sebelum masa peniadaan mudik diberlakukan, Bandara Soekarno-Hatta melayani sekitar 60.000 penumpang per hari.

“Rata-rata pergerakan penumpang sekitar 7.500 ribuan untuk domestik, tentu ini sangat jauh berbeda pada periode tahun sebelumnya, bahkan periode sebelum masa peniadaan mudik, itu traffic kita mencapai 60.000 penumpang,” kata Agus Haryadi saat dijumpai di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (11/5/2021).

Selain penumpang domestik, pergerakan penumpang internasional juga mengalami penurunan yang cukup signifikan di masa peniadaan mudik ini.

“Prediksi internasional, dua-duanya menunjukkan penurunan, kita lihat datanya traffic internasional kisaran 1000 hingga 1500 (sebelum masa peniadaan mudik) dan sekarang sekitar 600 penumpang, sudah mendekati angka 60 persen,” ujar Agus.

Pergerakan penumpang di Bandara Soetta juga diprediksi akan terus menurun hingga hari raya Idul Fitri 1442 H atau 13 Mei 2021. Artinya, larangan mudik berjalan efektif di Bandara Soetta.

“Kami memprediksi sampai hari Idul Fitri trennya akan terus menurun, sehingga kemudian sama dengan di kondisi domestik ini indikasi larangan mudik ini cukup efektif,” tutur Agus. (