Soal Narapidan Bisa Posting Instagram Stories, Begini Kata Kepala Lapas Kelas 1 Tangerang

Soal Narapidan Bisa Posting Instagram Stories, Begini Kata Kepala Lapas Kelas 1 Tangerang (Ilustrasi/net)

NONSTOPNEWS.ID – Sempat beredar kabar, pernyataan salah seorang keluarga narapidana yang menjadi korban kebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang. Narapidan tersebut sempat memposting “Kangen Rumah” di Instagram miliknya. Hal tersebut mendapat tanggapan Kepala Lapas Kelas I Tangerang, Victor Teguh Prihartono, Kamis (9/9/2021).

Menurut Victor Teguh pihaknya tidak mengetahui bahwa narapidana tersebut membawa telpon genggam di dalam lapas. Hal tersebut murni kekeliruan para petugas dan pelanggaran tata tertib.

“Untuk pelanggaran penggunaan HP (handphone) warga binaan, itu pada pelanggaran tata tertib. peredaran HP atau masuknya HP yang tidak kita ketahui itu sejalan dengan banyak penggeledahan yang kita lakukan,” kata dia.

Atas temuan tersebut menurutnya frekuensi penggeledahan akan dievaluasi lagi dan akan diterapkan lebih serius lagi.

“Akan lebih teliti lagi terhadap upaya masuknya HP dan peredaran HP di dalam,” ucapnya. 

Selain itu, untuk pemicu kebakaran yang menewaskan 44 orang di Lapas Kelas I Tangerang, Banten diduga lantaran bentrok antar geng narkoba antara dua ruang tahanan. Bentrok dua napi narkoba yang masing-masing memiliki pengikut itu karena salah paham juga dibantah pihak Lapas.

“Dugaan sementara dari kepolisian awalnya gangguan hubungan arus pendek ada kemungkinan benar. Tapi untuk terjadinya perang antar geng, keributan tidak ada, itu pernyataan saya,” kata Viktor di RSUD Kabupaten Tangerang, Kamis (9/9/2021). (Red)