Sekda Kabupaten Tangerang Terima Kunker Virtual Kemenkominfo : Pelayanan Publik Jangan Berbelit-belit

Sekda Kabupaten Tangerang Terima Kunker Virtual Kemenkominfo : Pelayanan Publik Jangan Berbelit-belit (Ilustrasi/net)

NONSTOPNEWS.ID – Kunjungan kerja dari Kementrian Komunikasi dan Informasi diterima dengan hangat oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid. Kunjungan tersebut dilakukan secara virtual di Ruang Rapat Bapeda Kabupaten Tangerang, Senin (7/06/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengatakan, dalam mengupayakan perwujudan pengelolaan kota yang memanfaatkan berbagai sumber daya secara efektif dan efisien guna menyelesaikan berbagai persoalan dengan menggunakan solusi inovatif, terintergrasi, dan berkelanjutan untuk menyediakan infrastruktur dan memberikan layanan yang dapat meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat secara luas. Salah satu solusi yang dilakukan program smart city.

“Kita tidak lagi menginginkan masyarakat kesulitan dalam menerima pelayanan publik karena prosedur yang berbelit-belit, sistemnya masih manual dan waktunya lama. Pelayanan publik harus cepat prosesnya dan mudah diakses,” tutur Sekda.

Lanjut Sekda, dalam melakukan inovasi melalui program smartcity dan layanan publik secara massive pihaknya akan melakukan menerapkan program tersebut di lini semua sektor bidang yang menyentuh langsung kepada kebutuhan dasar masyarakat.

“Terkait program Smart City, Pemkab Tangerang melakukan inovasi layanan publik secara massive di berbagai lini sektor bidang yang menyentuh langsung kepada kebutuhan dasar masyarakat kita,” ungkap Sekda saat kunjungan secara virtual.

Adapun inovasi yang dilakukan Pemkab Tangerang diantaranya, Program Bank Sampah dan Maggot dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan yang mewakili dimensi smart environment; Program Si Awak Cageur dari Rumah Sakit Umum Daerah Balaraja mewakili dimensi smart living; Program Sibamas dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mewakili smart economy; Program Sipinter dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu mewakili smart branding; Program I-tangkab dari Dinas Perpustakaan dan Arsip mewakili smart society; Pembayaran multi kanal dari Badan Pendapatan Daerah mewakili smart governance.

Salah satu Pendamping Konsultan Smart City Kabupaten Tangerang, Dr. Harya Widiputra dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menambahkan program unggulan yang digagas pemkab khususnya, terus kita evaluasi dan dilakukan pemantauan objek, sejauh mana manfaatnya bagi masyarakat.

“Kita tinjau langsung program yang telah digagas untuk menuju Smart City, sejauh mana pelaksanaannya selama tiga tahun ke belakang,” ungkapnya. (toid/red)