Sah, Kota Serang Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Sah, Kota Serang Jadi Tempat Pembuangan Sampah (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID – Pemerintah Kota Serang menyepakati kerjasama pengelolaan sampah dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Walikota Serang, Syafrudin saat penandatanganan kerjasama di Kantor Pemerintahan Kota Tangsel.

"Pada hari ini kami melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemerintah Kota Serang dengan Pemerintah Tangerang Selatan, yang ditandangani ini adalah masalah pembuangan sampah dari Kota Tangsel ke Serang," ujarnya, Selasa (27/4/2021).

Dirinya menjelaskan, pada awalnya banyak masyarakat Serang yang menolak dengan adanya kerjasama pengelolaan sampah tersebut.

"Pada awalnya memang ada penolakan masyarakat, dari organisasi masyarakat juga dan alhamdulillah dengan diberikan sosialisasi oleh kepala dinas ke masyarakat dan organisasi masyarakat akhirnya menerima. Pansus DPRD Serang juga sudah menerima," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, dengan adanya kerjasama tersebut memberikan keuntungan di segi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Serang.

"Justru yang menguntungkan untuk Kota Serang adalah PAD, jadi PAD nya dari Tangsel ini masuk ke Kota Serang dan insya Allah PAD itu untuk masyarakat Serang," ucapnya.

Adanya kerjasama tersebut, potensi PAD yang akan didapat mencapai 14 milyar rupiah katanya dalam per enam bulan.

"Kalo berbicara potensi itu kita sudah menetapkan bahwa untuk yang tahap pertama ini kurang lebih 14 milyar rupiah dalam waktu enam bulan ini dan kerjasama akan berlangsung selama tiga tahun," benernya.

Per hari katanya sampah Tangsel akan diangkut sebanyak 400 ton dan dengan bayaran 175 ribu rupiah.

"Per hari 400 ton dan tipping fee per tonnya sebesar 175 ribu rupiah." Tandasnya. (DB/Red)