Ratusan Ribu Rokok Ilegal Tanpa Cukai Disita DJBC Banten

Ratusan Ribu Rokok Ilegal Tanpa Cukai Disita DJBC Banten (Ilustrasi/net)

NONSTOPNEWS.ID – Program “Gempur Rokok Ilegal” terus digencarkan Bea Cukai Banten dalam memberantas peredaran rokok illegal dengan terus melaksanakan tugas pengawasan di wilayah Provinsi Banten. Baru-baru ini, DJBC Banten menyita sebanyak 460.000 batang rook illegal merk Joyomild.

Kepala Kanwil DJBC Banten, Rahmat Subagio melalui rilisnya mengatakan total penyitaan rook sejumlah 115 bal dengan nilai perkiraan barang sekitar Rp. 469.200.000, dan mengakibatkan Potensi Kerugian Negara mencapai Rp. 308.347.200.

“Totalnya 115 Bal,  terdiri dari 20 slop 10 bungkus 20 batang  atau dengan total keseluruhan 460.000 batang merk Joyomild yang Tidak Dilekati Pita Cukai. Perkiraan Nilai Barang sekitar Rp. 469.200.000, dan mengakibatkan Potensi Kerugian Negara mencapai Rp. 308.347.200.” kata Kepala Kanwil DJBC Banten, Rahmat Subagio melalui rilisnya, Selasa (7/9/2021).

Dalam pengamanan rokok illegal tersebut, Tim Bea Cukai Banten melaksanakan pemantauan di sepanjang Jalan Toll Jakarta-Merak. Hingga Pada pukul 22.00 WIB, berdasarkan atas hasil analisa profil, terpantau truk dengan nopol AD mengarah ke Merak dan tim segera melakukan penghentian dan pemeriksaan terhadap truk tersebut di Rest Area Karang Tengah KM 13.5 Toll Jakarta - Merak, Pinang, Tangerang, Banten.

Didampingi oleh supir, tim melakukan pemeriksaan terhadap muatan barang yang diangkut oleh truk tersebut dan kedapatan karton paket berisi rokok ilegal (tidak dilekati pita cukai) yang diangkut dari Bawen, Semarang tujuan Lahat, Sumatera Selatan, kemudian melakukan penindakan atas temuan tersebut.

Saat ini barang-barang tersebut telah dilakukan penahanan beserta supir truk yang bersangkutan, untuk dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut terhadap kasusnya.

"Bea Cukai Banten terus berkomitmen melakukan pengawasan terhadap peredaran rokok ilegal di wilayah Provinsi Banten, meskipun saat ini masih dalam masa pandemi yang membatasi pergerakan.” Ujar Rahmat.

“Operasi Gempur Rokok Ilegal ini menjadi bukti nyata Bea Cukai dalam upaya mengamankan penerimaan negara dan menciptakan persaingan usaha yang sehat, sehingga masyarakat maupun industri bisa terlindungi " tandasnya. (Red)