Kasus Covid-19 Melonjak, 200 Petugas Bandara Soetta Jalani Rapid Tes Antigen

Kasus Covid-19 Melonjak, 200 Petugas Bandara Soetta Jalani Rapid Tes Antigen (Ilustrasi/net)

NONSTOPNEWS.ID - Seperti diketahui, kasus covid-19 di Indonesia tengah mengalami lonjakan. Untuk mengantisipasi penularan 200 orang petugas Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menjalani pemeriksaan COVID-19 dengan metode Rapid Antigen, Jumat (18/6/2021).

Mereka adalah petugas frontliner yang terdiri dari Aviation Security (Avsec), Terminal Inspection Service (TIS), Customer Service, Safety Risk, Airport Security, dan Landside Service di bawah PT Angkasa Pura II Group.

Tes COVID-19 ini berlangsung di Lounge Umroh Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (18/6/2021).

Senior Manager Of Branch Communication & Legal Bandara Soetta PT Angkasa Pura II, M Holik Muardi menuturkan, pemeriksaan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan mitigasi atau pencegahan penyebaran COVID-19 di Bandara Soetta.

Terlebih lagi, kasus COVID-19 di wilayah DKI Jakarta dan Tangerang meningkat dalam beberapa hari terakhir.

“Kami dari manajemen Bandara Soekarno-Hatta berusaha untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan atau adanya pegawai atau karyawan yang terpapar COVID-19. Salah satunya dengan melakukan Testing ini,” kata Holik.

Holik menjelaskan, karyawan yang terindikasi terpapar COVID-19 dalam tes ini akan dilakukan pemeriksaan lanjutan dengan metode polymerase chain reaction (PCR).

“Apabila dalan testing ini ada ditemukan karyawan yang positif, yang bersangkutan kita lakukan pemeriksaan lanjutan yaitu tes PCR. Dan sambil menunggu hasil, kita sarankan untuk melakukan isolasi mandiri untuk karyawan organik ya dan menunggu treatmen selanjutnya,” tutur Holik.

Selain testing untuk petugas frontliner di Terminal 3, pada hari ini juga digelar kegiatan serupa di Terminal Kargo. Namun, di Terminal Kargo testing dilakukan untuk karyawan stakeholder.

“Di pagi hari ini, kita laksakan untuk karyawan di bawah AP II Group. Untuk siangnya nanti, pukul 14.00 WIB di Terminal Kargo kita mengecek seluruh (karyawan) stakeholder yang ada, kita ambil sample tentunya ya, tidak semuanya,” kata Holik.

Apabila ditemukan karyawan yang terindikasi terpapar atau positif COVID-19 maka disarankan untuk tes PCR dan berkoordinasi dengan instansi yang bersangkutan untuk penanganan lebih lanjut.

Menurut Holik, tes COVID-19 terhadap petugas frontliner dan karyawan stakeholder di Bandara Soett ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya.

Dimana, pada Senin (14/6) lalu PT Angkasa Pura II melakukan disinfeksi seluruh area Terminal Kargo Bandara Soetta.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan yang sebelumnya kita lakukan yaitu disinfeksi di Terminal Kargo. Jadi manajemen Bandara Soekarno-Hatta berkomitmen untuk terus berupaya mencegah Covid-19 di wilayah Bandara Soekarno-Hatta,” tandas Holik.