Jangan Panik! Dinkes Lebak Sebut Stok Obat-obatan dan Oksigen Aman

Jangan Panik! Dinkes Lebak Sebut Stok Obat-obatan dan Oksigen Aman (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID – Meningkatnya kasus covid-19 membuat sebagian warga yang terpapar akhir-akhir ini panik karena kesulitan mencari tabung oksigen. Kendati demikian, bagi warga Kabupaten Lebak tak perlu risau karena Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, mengkleim obat-obatan dan sok tabung oksigen masih tersedia.

Kepala Dinkes Kabupaten Lebak, Triatno Supion menyampaikan bahwa sampai saat ini tidak ada  rumah sakit yang mengeluhkan persediaan obat-obatan dan oksigen.

“Untuk saat ini, rumah sakit belum ada yang mengeluh tentang kurangnya persediaan atau kelangkaan obat dan oksigen,” kata Pion sapaan akrabnya, Senin (19/7/2021).

Pion mengatakan, jika yang perlu pengobatan itu adalah pasien yang dirawat di rumah sakit.

“Bagi masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri sebenarnya tinggal meningkatkan imun serta kekebalan tubuh saja dan selalu mengonsumsi multivitamin,” ujarnya.

Pion menjelaskan, untuk informasi kelangkaan obat-obatan, pihak Dinkes Lebak sampai saat ini belum menemukan atau menerima laporan dari pihak manapun terkait kekurangan obat untuk penanganan pasien Covid-19.

“Saya belum menerima laporannya terkait kekurangan obat. Dan untuk oksigen kita juga masih aman, meskipun penggunaannya mengalami peningkatan. Karena setiap hari ada kewajiban rumah sakit untuk melaporkan ketersediaan obat dan oksigen,” ucap Pion.

Pion menambahkan, warga yang saat ini sedang melakukan isolasi mandiri karena Covid-19 untuk jangan khawatir atas kelangkaan obat, vitamin ataupun oksigen.

“Masyarakat jangan khawatir, dari Kodim pun ada program distribusi obat-obatan dan vitamin bagi para pasien yang sedang melakukan isoman,” pungkasnya.  (bmco/red)