Hari Pertama Ramadan, Masjid di Kota Tangerang Ikuti Anjuran Pemerintah

Hari Pertama Ramadan, Masjid di Kota Tangerang Ikuti Anjuran Pemerintah
Hari Pertama Ramadan, Masjid di Kota Tangerang Ikuti Anjuran Pemerintah
(Dok. Humas Kota Tangerang)

NONSTOPNEWS.ID - Adanya pandemi Covid 19, membuat suasana Bulan Ramadan 1441 H kali ini berbeda, di mana warga dianjurkan melaksanakan salat tarawih di rumah.

Masjid-masjid di Kota Tangerang pun mengikuti anjuran pemerintah. Salah satunya masjid di Kota Tangerang, Al-Ittihad, yang tidak menggelar ibadah salat tarawih karena mengikuti anjuran pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran covid-19.

Ketua DKM Al Ittihad, KH Achmad Gozali Mansyur, menuturkan, jamaah telah dihimbau agar mengikuti anjuran pemerintah agar melakukan ibadah salat tarawih bersama keluarga di rumah.

"Kami taat kepada pemerintah karena mereka lebih paham dan tau, tentu ini juga demi maslahat karena anjuran ini tidak sembarangan. Tidak ada tarawih, tidak ada buka puasa bersama, tidak ada itikaf," ujarnya ditemui di masjid, Kamis (23/4/20) malam.

Meski diakuinya banyak keinginan warga untuk melaksanakan salat tarawih di masjid, namun hal itu dicegah demi kebaikan bersama dan berharap kondisi pandemi Covid 19 ini lekas berlalu.

Salah seorang warga, Faisal, sepakat dengan anjuran pemerintah, hal itu karena memang dianjurkan demi upaya pencegahan Pandemi Corona lebih meluas.

"Meski sedih tidak bisa tarawih di masjid, namun kami yakin hal ini demi kebaikan bersama. Salat di rumah bersama keluarga juga memiliki makna yang baik di Ramadan ini," katanya.

Diketahui, PSBB diterapkan sesuai dengan Peraturan Wali (Perwal) Kota Tangerang nomor 17 tahun 2020 perihal Pemberlakuan PSBB di Kota Tangerang, PSBB dimulai 18 April 2020 hingga 14 hari kedepan yakni tanggal 1 Mei 2020.

Pemerintah Kota Tangerang pun telah menentukan sebanyak 38 titik yang menjadi lokasi pengecekan bagi masyarakat dari dan menuju ke wilayah Kota Tangerang.

"15 check point di jalan nasional, provinsi, kota serta 23 titik di jalan lingkungan," pungkas Wali Kota.

Wali Kota tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat agar mematuhi PSBB. Sebab bukanlah kepentingan pemerintah baik pusat atau daerah, namun hal tersebut merupakan kepentingan bersama dalam membasmi pandemi covid-19 yang sedang terjadi.

Untuk mengurangi dampak dari pemberlakuan PSBB di Kota Tangerang, Pemkot Tangerang telah mendistribusikan bantuan pangan berupa ratusan ton beras dan bantuan langsung tunai sebesar 600 ribu rupiah pada warga terdampak Covid-19.(ADV)