DKI Larang Ziarah Kubur, Kalau Warga Tangsel Boleh

DKI Larang Ziarah Kubur, Kalau Warga Tangsel Boleh (Ilustrasi/net)

NONSTOPNEWS.ID - Pemerintah Kota Tangerang Selatan tidak larang ziarah kubur saat hari Raya Idul Fitri tahun 2021. Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Tangsel periode 2021-2024, Pilar Saga Ichsan usai melakukan rapat koordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta.

"Tadi ada rapat koordinasi terkait penyekatan dan juga larangan mudik serta pelaksanaan ibadah (shalat, red) Idul Fitri. Tadi ada beberapa poin yang disampaikan pihak Provinsi DKI, ada yang sesuai dengan pemerintah Tangsel ada juga yang tidak sesuai," ujarnya usai menghadiri acara santunan anak Yatim Piatu di daerah Bakti Jaya, Kecamatan Setu, Senin (10/5/2021).

"Kalo yang sesuai itu seperti penyekatan (wilayah, red). Kita juga ada penyekatan. Tetapi ada yang tidak sesuai itu seperti tidak melakukan larangan orang yang mau ziarah. Di DKI kan dilarang," tambahnya.

Menurutnya, tidak semua daerah bisa menerapkan hal tersebut karena berbagai macam alasan.

"Ini yang harus disesuaikan, karena tiap daerah ada alasan tertentu. Tapi kami sangat mengapresiasi yang dilakukan Pak Gubernur DKI." tandasnya.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang warga untuk ziarah kubur selama 12–16 Mei. Larangan itu untuk mengantisipasi kerumunan yang mungkin terjadi di tempat pemakaman umum (TPU). (DB/Red)