Disperindag Tangsel Luncurkan Aplikasi Indag Guna Permudah Masyarakat Belanja Saat Pendemik

Disperindag Tangsel Luncurkan Aplikasi Indag Guna Permudah Masyarakat Belanja Saat Pendemik
Disperindag Tangsel Luncurkan Aplikasi Indag Guna Permudah Masyarakat Belanja Saat Pendemik
(Aplikasi Indag Tangsel, layanan aplikasi belanja yang mempertemukan pembeli dan pedagang/kb-nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Guna mencegah penyebaran COVID-19 dengan cara penerapan psychal distancing kepada masyarakat yang ingin membeli kebutuhan pokoknya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kini mengeluarkan aplikasi Indag Tangsel yang merupakan singkatan dari info pedagang Tangsel.

Aplikasi ini menyediakan informasi kontak berupa nomor telepon para pedagang di Tangsel, baik dari pedagang di pasar tradisional, pasar modern di wilayah pengembang, minimarket, supermarket atau ritel modern dan pedagang umum. Intinya, aplikasi ini untuk mempermudah pembeli berbelanja dan membantu penjualan pedagang.

Kepala Disperindag Tangsel, Maya Mardiana mengatakan, aplikasi ini merupakan upaya pihaknya untuk membantu perekonomian pedagang dan mempermudah pembeli dalan memesan barang tanpa harus keluar rumah.

"Di dalam aplikasi ini kami mencoba untuk mendekatkan pembeli dengan pedagang. Lengkap isi didalamnya dari tukang gas sampe ritel. Dari pasar modern hingga pedagang tradisional," kata Maya kepada wartawan, Selasa (28/4/20).

Maya menerangkan, aplikasi ini merupakan program penyempurnaan dari upaya penjualan online yang sebelumnya dilakukan menggunakan poster-poster berisi kontak-kontak para pedagang.

"Kini kita sempurnakan menggunakan aplikasi, agar mempermudah masyarakat. Ketika masyarakat mengakses itu, dengan sangat mudah, simple apa yang mau dibeli atau belanja apa saja ada," kata Maya.

Kini masyarakat yang ingin memanfaatkan fasilitas ini bisa langsung mengunduh aplikasi ini di Google Playstore. "Untuk para pedagang yang mendaftar bisa mengetahui caranya dengan mendownload aplikasi itu," kata maya.

Maya menerangkan, semua fasilitas tersebut diselenggarakan dengan gratis. Adapun tata cara pembelian melalui aplikasi tersebut; pertama unduh aplikasinya pilih barang yang dicari, pilih pedagang terdekat kemudian klik dan mulai bertransaksi.

Maya mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penyempurnaan pada aplikasi ini. Apalagi kegunaan aplikasi terutama pada situasi wabah seperti sekarang ternyata sangat efektif dalam membantu program pemerintah kota.

"Ini belum sempurna, tapi akan disempurnakan yang penting sekarang ada upaya untuk phsycal distancing. Intinya dalam rangka PSBB agar kebutuhan pokok terpenuhi, ekonomi tettap jalan," pungkasnya. (ADV)