Demi Mengedukasi Masyarakat 1000 Relawan Covid-19 Siap Diterjunkan di Wilayah Tangerang Raya

Demi Mengedukasi Masyarakat 1000 Relawan Covid-19 Siap Diterjunkan di Wilayah Tangerang Raya (Ilustrasi/net)

NONSTOPNEWS.ID – Warga yang tinggal di Tangerang Raya yakni Kabuaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan akan menerima edukasi terkait pencegahan penanganan covid-19. Hal tersebut disampaikan Kasubid Protokol Bidang Koordinator Relawan Satgas Covid-19, dikabarkan akan ada 1.000 relawan yang diterjunkan.

Kasubid Protokol Bidang Koordinator Relawan Satgas Covid-19 Dian Aditya Mandana Putri mengatakan menurutnya edukasi harus dilakukan, sebab kejadian pandemi covid-19 selalu mengalami perkembangan.

“Penanganan covid-19 ini kan sebenarnya tidak ada ubahnya kita harus mengedukasi rekan-rekan relawan, sehingga ada peningkatan pemahaman yang lebih baru,” ujarnya usai kegiatan penggalangan dan peningkatan kapasitas relawan di salah satu hotel di Kota Tangerang, Senin, (7/6/2021).

Para relawan tersebut akan menjalani pelatihan oleh Satgas Covid-19 hingga Jumat, 11 Juni 2021, kemudian akan terjun ke lingkungan warga.

Pelatihan yang diberikan yaitu terkait protokol kesehatan dan penanganan covid-19 dalam lingkup rukun warga dan rukun tetangga. Tujuannya supaya menjadi agen perubahan perilaku kesehatan di lingkungannya.

“Semangat kerelawanan harus ditingkatkan lagi, juga terknik berkomunikasinya. Sehingga relawan bisa menyampaikan hal-hal yang baik dan benar tentang covid-19 ini,” katanya.

Relawan tersebut berasal dari warga di Tangerang Raya, juga dari unsur pemerintahan.

“Seribu relawan dengan supervisi lokal untuk membantu secara teknis,” tambahnya.

Selain di Tangerang, kegiatan serupa juga berlangsung di 3 zona lainnya di Indonesia, yaitu Jawa Tengah, Kalimantan dan Sumatera dengan total sebanyak 7.000 relawan.

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin mengatakan keberadaan relawan ini akan memudahkan Satgas Covid-19 menjalankan tugasnya, terutama mengedukasi masyarakat terkait informasi cara memutus dan pencegahan covid-19.

Ia mengatakan angka penularan covid-19 di Kota Tangerang masih fluaktif. Kondisi saat ini tingkat penularannya sangat rendah.

“Kalau enggak salah 0.03 persen. Ya walaupun memang Kota Tangerang sampai saat ini ada 9.960 (pasien covid-19), tapi tingkat penyembuhannya sangat tinggi, ada 9200 (orang),” pungkasnya. (Tdid/red)