Corona Landai, Wakil Presiden Imbau Masyarakat Siap Hadapi Fase Endemi

Corona Landai, Wakil Presiden Imbau Masyarakat Siap Hadapi Fase Endemi (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID – Angka kasus covid-19 di Indonesia mulai mengalami penurunan. Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin mengharapkan seluruh pihak bersiap untuk memasuki fase endemi Covid-19.

Melalui kegiatan dialog lintas agama, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin mengatakan masyarakat tetap harus memperhatikan protokol kesehatan dan bersiap untuk masuk pada maa endemi dan ikut vaksinasi.

“Itu sebagai upaya menekan laju penyebaran Covid-19 dan agar bisa melalui masa pandemi dan mempersiapkan untuk memasuki masa endemi,” ujar Ma’ruf, dalam acara dialog lintas agama yang digelar secara virtual, Selasa (7/9/2021).

Ma’ruf mengatakan, selama pandemi Covid-19 ini banyak tantangan yang harus dilalui oleh setiap orang. Tantangan tersebut menuntut banyak perubahan dan penyesuaian di hampir segala bidang.

“Kita dihadapkan pada situasi yang menuntut semua pihak untuk bersinergi, berkolaborasi, dan bahu-membahu menangani pandemi Covid-19,” kata dia.

Menurut Ma’ruf, sinergi, kolaborasi, dan gotong royong itu harus tetap dilakukan untuk memasuki masa endemi nantinya. Tak hanya itu, ia meyakini pentingnya peranan agama sebagai pembawa terang dalam mendorong gerakan perbaikan dan perubahan do berbagai bidang, mulai dari bidang pendidikan, dakwah, kesehatan, hingga ekonomi.

“Oleh karenanya, ikhtiar dan upaya untuk menanggulangi pandemi Covid-19 ini merupakan kewajiban kita bersama,” kata dia.

Ma’ruf menambahkan, saat ini pemerintah masih menyiapkan skenario lebih detail tentang rencana untuk mengubah status pandemi menjadi endemi Covid-19.

Berdasarkan keterangan para ahli, kata Ma’ruf, persiapan mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi dikarenakan penyakit yang disebabkan virus corona tersebut tidak akan cepat hilang. (RN.Red)