Allhamdulillah, Jelang Ramadhan Masjid Al Azhom Tetap Gelar Tarawih

Allhamdulillah, Jelang Ramadhan Masjid Al Azhom Tetap Gelar Tarawih (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID – Masjid Al Azhom di Jalan Satria Sudirman, tepatnya di seberang Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang pada bulan Ramadhan 1442 mendatang akan melaksanakan shalat tarawih secara terbuka bagi masyarakat umum.

Meski demikian dalam kondisi pandemi COVID-19 yang masih melanda dunia, termasuk Kota Tangerang, pengurus masjid tersebut tetap akan menerapkan protokol kesehatan. 

” Dalam menjalankan ibadah ini, kita akan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dan pakai masker,” kata Ketua DKM Al Azhom, KH Chaerudin di Kota Tangerang, Banten, Jumat (26/3/2021).

Dan untuk takjil, kata Chaerudin akan dilakukan sesederhana mungkin, dengan hanya mempersiapkan makanan ringan seperti kurma dan lainnya. ” Kita tetap upayakan ada takjil, sebagai penghapus dahaga saat memasuki waktu buka atau magrib,” kata Chaerudin yang juga anggota MUI Kota Tangerang.

Namun demikian, tambah dia, pihaknya juga tidak menutup kemungkinan adanya bantuan takjil dari masyarakat. Karena di bulan yang baik itu, biasanya banyak masyarakat yang ingin mengulurkan tangannya dengan mengirimkan takjil ke masjid-masjid atau mushola

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief R wismansyah mengatakan di bulan Ramadhan 1442 H ini, Pemerintah Kota Tangerang memperbolehkan masjid-masjid di wilayahnya mengadakan ibadah tarawih, dengan syarat menerapkan protokol kesehatan.

“DKM Masjid dan Mushola harus mempunyai satgas Covid-19 yang mengatur proses seperti jaga jarak, menggunakan masker dan diharapkan untuk membaca ayat – ayat yang pendek,” kata Wali Kota.

Selain itu Wali Kota juga menginstruksikan kepada Lurah serta Camat agar berkoordinasi dengan RW dan RT, DKM Masjid serta satgas Covid-19 yang berada di lingkungan agar dapat membuat aturan dalam beribadah pada Bulan Suci Ramadhan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kepada Camat dan Lurah silahkan persiapkan di wilayahnya, koordinasikan dan pastikan pelaksanaan ibadah melakukan protokol kesehatan dengan benar. Lakukan simulasi dan latih agar pelaksanaan ibadah bisa aman dan nyaman,” tandas Wali Kota. (toid/red)