5 Tips Agar Kamu Optimis Memulai Bisnis

5 Tips Agar Kamu Optimis Memulai Bisnis ()

NONSTOPNEWS.ID – Memulai bisnis adalah hal yang harus dipertimbangkan secara matang, salah strategi sedikit maka akan mempengaruhi keberhasilan bisnis tersebut, karena bisnis merupakan hal yang riskan dan membuat banyak orang ragu saat ingin membuka bisnis bahkan sudah merasa takut kalau saja bisnisnya gagal.

Apalagi selama masa pandemi covid-19, di Tangerang Raya banyak pegawai yang di PHK kemudian membuat mereka harus mencari cara agar tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup disamping adanya bantuan dari pemerintah setempat.

Bicara prihal pemerintah, sebenarnya pemerintah Kota Tangerang memberikan BLT (Bantuan Langsung Tunai) untuk kalian yang ingin memulai bisnis, bantuan modal usaha tersebut diberikan setelah memenuhi syarat yang ditentukan. Dengan adanya bantuan ini maka kalian diberi kesempatan untuk memulai bisnis secepat mungkin. Tetapi, hal ini akan berhasil jika kalian pahami dan lakukan 5 tips awal memulai bisnis berikut ini :

Mulai dari hal kecil

Kalau kalian memulai bisnis, tidak harus langsung dengan skala bisnis yang besar,kalian bisa memulai dengan awal mula pemasaran melalui sosial media, e-commerce dan lainnya, agar bisnis kalian bertahap dari kecil hingga menjaadi besar

Jangan mengukur diri sendiri dengan orang lain

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, maka dari itu kalian jangan membandingkan diri kalian dengan orang lain, semisal ketika teman kalian bisnisnya sudah berjalan, maka kamu jangan merasa diri kalian tertinggal lalu pesimis, tapi kalian harus bangkit dan belajar mengenai bisnis kalian, seperti mengatur strateginya,modalnya dan selalu ssertakan keunikanmu dalam berbisnis, agar terlihat beda dengan yang lain.

Konsisten

Dalam memulai bisnis harus konsisten dalam segi apapun, kalian harus memaksakan diri kalian untuk selalu konsisten. Karena jika kamu tidak konsisten kemungkinan banyak peluang akan pergi dari bisnismu.

Jangan terpuruk dengan masalah, fokus mencari solusinya

Setiap perubahan yang hendak dicapai, pasti ada saja msalah-masalah ditengahnya. Dengan adanya masalah tersebut sebenernya melatih kalian, bagaimana kalian menyelesaikan masalah kalian, dan bagaiamana kalian menaggapi masalah tersebut, itu akan menjadi ilmu baru dalam dunia bisnis kalian.

Meredefinisikan makna “gagal”

Banyak orang diluar sana jika usahanya sudah gagal sekali maka mereka akan menyerah dan berhenti mencoba, padahal tiap kalian gagal kalian harus mampu mengevaluasikan bisnis kalian, apa yang salah apa yang kurang dan jadikan evaluasi tersebut untuk membangun bisnis kalian kembali, tentunya dengan strategi yang matang. Gagal bukan berhenti, namun terus berlatih.

Dari 5 hal diatas, harus kalian tanamkan agar mampu melawan pesimis dalam diri kalian masing-masing. Semoga berhasil! (Red)