Perapian Kabel Udara FO di Tangsel, Minta Waktu, Tapi Masih Belum Diputus?

Perapian Kabel Udara FO di Tangsel, Minta Waktu, Tapi Masih Belum Diputus?
Tindakan pemutusan kabel udara fiber optic (FO) semrawut di Jalan Ceger Raya, Pondok Aren Tangerang Selatan

NONSTOPNEWS.ID - Seminggu pasca tindak pemutusan kabel udara fiber optic (FO) semrawut di Jalan Ceger Raya, Pondok Aren Tangerang Selatan (Tangsel), 12 jaringan kabel udara fiber optic milik PT Telkom yang meminta kompensasi waktu sehari, tapi masih belum diputus?

Menurut Kasi Perencanaan Jalan dan Jembatan Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Tangsel, Ramdan Arafat, sebelumnya, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Telkom pada Selasa (19/7/2022) lalu.

Dalam pertemuan tersebut, disepakati bahwa pihaknya telah memberikan kelonggaaran waktu pemindahan kabel udara FO selama 2 minggu ke depan.

"Pertama dia memang melanggar lah, kedua masalah anggaran dia. Mungkin penganggaran dia sama kaya di Pemda yah. Jadi dia minta yang di Ceger minta dua minggu," kata Ramdan Arafat kepada wartawan di ruangannya.

Ramdan mengatakan, bukannya di tanam di bawah tanah, kabel FO PT Telkom nantinya hanya pindah ke sisi lain jalan yang memang masih terdapat tiang kabel udara FO.

"Secara keseluruhan sambil jalan satu sisi jalur McD, kemarin saya juga minta paling lama 3 bulan selesai semua. 3 bulan clear khusus di Ceger," sambungnya.

Dia menepis soal dugaan penindakan yang dinilai pilih kasih kepada perusahaan pelat merah dibandingkan kabel udara fiber optic milik swasta.

Menurutnya, saat itu dirinya menyampaikan ancaman memutus paksa kabel internet itu sesuai dengan kesiapan petugas Telkom di lapangan.

"Jadi gini, karena kan kemarin saya tanya juga, ini kapan? Besok pak siap, saya minta waktu buat pemindahan sementara dijumper, kemarin bilang sehari kelar. Setelah saya telpon di lapangan, panjang lebar akhirnya ya udah, adakan pertemuan," papar Ramdan menyampaikan perkataan salah satu petugas Telkom di lapangan.

Ramdan mengaku, pemberian waktu 2 minggu itu dispensasi terakhir. Jika perusahaan pelat merah itu tak menepati janji, pihaknya bakal menindak tegas.

"Saya tegas, sudah dua minggu aja yak. Saya sudah lapor ke pimpinan, pimpinan juga minta secepatnya," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Pihak PT Telkom melobi aksi pemotongan belasan kabel fiber optic atau jaringan internet milik 12 provider di Jalan Raya Ceger, Jurang Mangu Timur, Pondok Aren, Tangsel pada Kamis (14/7/2022).

Asisten Manajer Perawatan Telkom Area Jakarta Selatan, Sudarmanto menegaskan, jika untuk jaringan internet Telkom meminta kelonggaran dalam hal pemotongan.

"Iya minta kelonggaran aja hari ini, mungkin besok sore perpindahan belum berjalan dipotong sama Pemda," ucap Sudarmanto ditemui di lokasi aksi, Kamis (14/7/2022).

Sudarmanto mengaku, ada 12 kabel milik PT Telkom yang belum dipotong karena harus mengurus perpindahan jalur kabel untuk sementara.

"Ada 12 kabel, besok sore kalau belum selesai dipotong. Kalau ini dipotong sendiri, kalau belum selesai dipotong sama pemda," kata dia.

Ia juga mengatakan, pemotongan fiber optic jaringan internet sangat terdampak bagi pihaknya.

"Kalau terdampak pasti," jelas Sudarmanto. (N’stop)


IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS