Pengamat Soroti Rotasi dan Mutasi Pejabat Besar-besaran di Tangsel, Masa Sih Ada ‘Penunggang Gelap’

Pengamat Soroti Rotasi dan Mutasi Pejabat Besar-besaran di Tangsel, Masa Sih Ada ‘Penunggang Gelap’
Adib Miftahul, Direktur eksekutif Kajian Politik Nasional

NONSTOPNEWS.ID - Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul, menyoroti rotasi dan mutasi besar-besaran yang dilakukan oleh Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie, pada Jum’at (31/12/2021) kemarin.

Menurut Adib, dari sisi waktu pelaksanaan rotasi dan mutasi itu, jelas tampak adanya muatan kepentingan kekuasaan.

“Di malam pergantian tahun, sejumlah besar pejabat di Tangsel di rotasi. Ini kan jelas sekali sarat muatan kepentingan kekuasaan. Pertanyaannya, usai Benyamin dilantik, lalu sesuai dengan aturan usai pelantikan itu, pastinya Benyamin akan merombak komposisi jabatan-jabatan tertentu. Namun, kenapa merotasi pejabat diwaktu yang terkesan Injury time, seolah-olah ada sesuatu yang dikejar,”  ujarnya, melalui sambungan WhatsApp, Sabtu (1/1/2022).

“Kan Tidak mungkin, tidak ada orang titipan untuk menduduki jabatan tertentu, dan itu lumrah saja. Mengingat masa jabatan Benyamin yang hanya tiga tahun lebih,” tambahnya.

Menurutnya, para pejabat yang dilantik pastinya ditugaskan untuk merealisasikan visi misi Walikota yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Yang harus dicermati adalah muatan dalam RPJMD itu sendiri! Kalau kita urai, ada berapa program yang memang benar-benar untuk kepentingan masyarakat, tanpa ditunggangi kepentingan kekuasaan. Dan ada berapa program yang untuk kepentingan kekuasaan dengan mengatasnamakan kepentingan masyarakat, hal seperti itu kan bisa saja terjadi,” terang Adib.

Lebih lanjut, Adib menyampaikan, tak ada hal lain yang bisa dilakukan oleh masyarakat Kota Tangsel, selain berpikir secara positif terhadap rotasi mutasi yang dilakukan oleh Walikota nya.

“Selain berfikir positif, ya masyarakat Tangsel berdoa saja, semoga keputusan terakit rotasi dan mutasi yang dilakukan Benyamin, berdampak positif terhadap pembangunan dan kemajuan Tangsel,” tukasnya.(Kibo)