Menparekraf Promosikan Sedotan Purun Belitung di Sidang PBB Salah Satu Wujud Kongkrit Konservasi Pariwisata Berbasis Alam

Menparekraf Promosikan Sedotan Purun Belitung di Sidang PBB Salah Satu Wujud Kongkrit Konservasi Pariwisata Berbasis Alam
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno

NONSTOPNEWS.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan bahwa Indonesia saat ini menjadi acuan dunia dalam penanganan pandemi COVID-19 dan keberhasilan dalam membangkitkan sektor pariwisata pasca dua tahun dihantam pandemi.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno usai memberikan sambutan di event 'High-level Thematic Debate on Tourism' yang diadakan oleh United Nations General Assembly Hall, New York Amerika Serikat, Rabu (4/5/2022).

"Indonesia sangat diberikan penghargaan dalam penanganan pandemi Covid-19 dan kebangkitan dari pariwisata kita yang berbasis pariwisata berkualitas, berbasis komunitas, dan berkelanjutan ini adalah penopang kebangkitan ekonomi kita, penopang penciptaan peluang usaha, dan juga mampu membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujar Sandiaga Uno.

Ia menyebutkan jika berbicara mengenai pariwisata yang berkelanjutan, maka harus ada aksi yang kongkrit. Dan kata Sandiaga Uno salah satunya aksi kongkrit tersebut adalah tawaran Indonesia mengubah sampah plastik menjadi solusi berbasis produk-produk alam atau nature based solution.

"Nah itu yang kita hadirkan, dan kita langsung menunjukkan bahwa sedotan berbasis purun ini asal Pulau Belitung yang akan menjadi solusi kita real untuk mengatasi isu-isu lingkungan hidup," tambah Sandiaga Uno.

Ia mengungkapkan yang harus segera direalisasikan dengan pernyataan dirinya di Majelis Umum PBB adalah seiring dengan G20 dan peran Indonesia sebagai tuan rumah hari pariwisata dunia pihaknya akan terus mendorong kebangkitan ekonomi, terciptanya peluang usaha, dan terbuka lapangan kerja.

"Dan bersama Presiden Joko Widodo, tentunya kami menyusun tatanan ekonomi pariwisata baru yang lebih terbuka dan berkeadilan. Ijin yang kita gatis bawahi dan Indonesia mengambil posisi strategis, posisi sebagai negara yang menjadi acuan dari seluruh wilayah di dunia dalam penanganannya pandemi Covid-19 dan kebangkitan pariwisata," pungkas Sandiaga Uno. (1st) 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS