Lawan Hoax via Diskusi Pokja Wartawan Harian Tangerang!

Lawan Hoax via Diskusi Pokja Wartawan Harian Tangerang!
Nonstopnews.id

TANGERANG- Upaya menangkal berita bohong alias hoax, Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Harian Tangerang Raya mengadakan Workshop dan Lomba Jurnalistik 2018 di Atrium Utama, Tangcity Mall, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Tangerang, Selasa (14/8/2018).

Dengan tema 'Peranan Media Massa untuk Menangkal Hoax dan Berkontribusi Dalam Pembangunan Daerah di Era Kebebasan Pers', penyelenggara acara menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Seperti Syafril Elain dan Miftahul Adib, selaku wartawan senior, serta Dimas Arif selaku jurnalis NetTv.

Semua fakta mengenai pencarian berita, bagaimana mengenali berita hoax dan cara menangkalnya, dikumpas tuntas dalam workshop tersebut. "Memang untuk saat ini media bebas sekali, terutama media online, tinggal buka di smartphone langsung bisa lihat dan ngeshare," tutur Adib.

Makanya, paling sederhana untuk mengenali berita tersebut hoax atau bukan, Adib memberi saran agar pembaca atau penikmat media untuk mengecek terlebih dulu. Terutama mengenali 5W1H, atau What, Where, When, Who, Why dan How.

"Paling mudah itu di paragraf pertama atau pemulanya lihat dulu ada 5W1H nya tidak, itu paling mudah," ujar Adib.

Dalam acara tersebut, hadir dari kalangan pelajar dan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) dan Uniersitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Ciputat. ”Alhamdulillah mengikuti acara ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan,” ujar Taufiqurahman, mahasiswa UIN.

Sementara, diungkapkan Ketua Pelaksana Kegiatan Rizky Tariq mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengapresiasi hasil karya teman-teman. Terutama karya video, foto dan tulisan jurnalistik.

"Juga untuk memperkenalkan profesi media kepada khalayak umum, terutama pelajar dan mahasiswa. Oleh karena itu, diadakan di mall Tangcity," kata Rizky.(DL)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS