Kota Tangsel Kick Off Vaksin Booster 60 Orang, Asik Gratis!

Kota Tangsel Kick Off Vaksin Booster 60 Orang, Asik Gratis!
Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie saat membuka kegiatan vaksinasi lanjutan/booster sekaligus menjadi peserta pertama vaksinasi booster

NONSTOPNEWS.ID - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel, mengawali giat vaksinasi lanjutan atau Kick Off vaksin Booster dalam rangkaian pelaksanaan simulasi vaksinasi oleh Kementrian Kesehatan, di Rumah Sakit Umum (RSU), gedung 3 lantai 8, Jalan Raya Pajajaran, Pamulang, Rabu (13/01/2022).

Walikota Tangsel Benyamin Davnie yang membuka kegiatan tersebut, juga sekaligus menjadi orang pertama di vaksin booster. Diikuti secara bergantian para peserta vaksin lainnya.

"Peserta hari ini 60 orang dulu yang diundang secara khusus,  karena gak boleh berkerumun kan, dan ini adalah kick off pertama dalam pelaksanaan vaksin booster yang target kita adalah lansia yang sudah 6 bulan dosis kedua dan itu dikalkulasi Kurang lebih setangsel 100 ribu orang ditambah remaja dan anak anak," terang Benyamin.

Benyamin menyampaikan, bahwa Vaksin booster nantinya akan difasilitasi oleh rumah sakit milik pemerintah daerah.

"Saya berharap kick off ini nanti pelayanan vaksinasi itu hanya dilaksanakan atau di fasilitas  kesehatan milik pemerintah, ya RSU Tangsel ada RSU Pamulang, RSU Sepong Utara dan RSU Pondok Aren juga puskemas-puskesmas itu kita usahakan pelayanan vaksin booster nanti," Ungkapnya.

Benyamin davnie memastikan vaksinasi lanjutan booster akan tersedia untuk masyarakat Tangsel, seraya menghimbau untuk mau di vaksin.

"Untuk booster kota, tersedia nanti akan di drop lagi sekarang saja untuk 70 ribu. Juga untuk dosis pertama dan kedua bagi masyarakat yang belum sempat di vaksin agar segera melakukan vaksin, Kita stok vaksin gak ada masalah tenaga kesehatan vaksinatornya juga gak ada masalah," paparnya.

Benyamin berkeyakinan usai dirinya melakukan vaksin lanjutan booster, dirinya akan lebih dapat  terhindar dari jenis virus covid terbaru. 

"Saya merasa yakin dan menambah keyakinan saya dengan vaksinasi saya dilengkapai booster ini dan disertai protokoler kesehatan saya bisa terhindar dari virus baik delta maupun omicron," tandasnya. 

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi lanjutan untuk warga Tangsel, Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel telah melakukan persiapan.

"Dalam melaksanakan vaksinasi lanjutan booster untuk masyarakat umum. Kami telah melakukan persiapan dan kordinasi sudah dilaksanakan pada Senin 10 Januari  2022,  tangsel dipilih oleh kementrian kesehatan untuk menjadi lokasi dalam pelaksanaan simulasi vaksinasi booster yang dilaksanakan di RSU Tangsel," katanya. 

Allin menambahkan dalam pelaksanaan kick off vaksinasi lanjutan tersebut akan di fasilitasi oleh pelayanan kesehatan daerah atau Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).

"Pelayanan vaksinasi booster akan dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah yaitu 31 UPTD puskesmas dan 2 rumah sakit umum serta 2 sentra  vaksinasi  mulai tanggal 13 januari 2022," jelasnya.

Lanjut Allin, vaksin booster diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat Tangsel serta diperuntukan bagi yang berusia 18 tahun keatas dan lansia juga sudah pernah melakukan vaksin.

"Vaksin gratis, untuk usia dewasa dan untuk yang telah menerima dosis vaksin kedua, dalam jangka waktu minimal 6 bulan kelompok prioritas penerima vaksin booster, adalah orang lanjut usia (lansia) dan penderita, imunokompromis," terangnya.

"Sampai dengan tanggal 11 januari 2022, berdasarkan data cakupan vaksinasi dari dashboard komite penanganan covid 19, dan pemulihan ekonomi nasional terdapat 107.439 yang telah memenuhi syarat tersebut untuk mendapatkan vaksin booster, sasaran tersebut terdiri dari kelompok lansia 29.805 orang dan usia lebih dari 18 tahun sebanyak77.643 orang," pungkasnya.(Kibo)