Ini Daftar Terbaru 5 Menteri Paling Tajir di Kabinet Jokowi

Ini Daftar Terbaru 5 Menteri Paling Tajir di Kabinet Jokowi
Foto: Jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju.

NONSTOPNEWS.ID – Sejumlah pejabat negara satu per satu telah memperbaharui laporan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tak terkecuali jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Ma’ruf Amin, hingga Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjadi satu dari sekian pejabat yang memperbaharui hartanya.

Hal tersebut terungkap dalam dokumen kepatuhan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Pimpinan Tinggi Negara, seperti dikutip dari laman kpk.go.id, Minggu (14/8/2022).

Situs LHKPN KPK sendiri memuat daftar kekayaan para pejabat negara yang diperbaharui setiap tahunnya. Ini merupakan bagian dari transparansi para pejabat negara kepada publik secara luas.

Adapun kalangan menteri Jokowi sendiri masih tercatat sebagai kalangan pengusaha dan politikus. Beberapa di antara mereka bahkan masuk golongan pengusaha kelas kakap yang kekayaannya bukan main-main.

Pada tahun 2020, berdasarkan LHKPN, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menempati urutan teratas daftar menteri terkaya di kabinet. Kemudian disusul oleh Prabowo Subianto dan Nadiem Anwar Makarim.

Dalam laporan periode 2021, posisi menteri terkaya di kabinet pun tidak berubah. Tak sedikit dari harta para menteri bahkan melonjak secara drastis, hingga menembus lebih dari Rp 10 triliun!

Lantas, siapa saja daftar menteri terkaya di kabinet Jokowi-Maruf Amin?

  1. Sandiaga Uno

Sandiaga Uno masih menempati urutan teratas menteri paling tajir di pemerintahan. Bahkan dalam satu tahun, total kekayaan Sandiaga Uno naik hingga Rp 6,8 triliun.

Dalam LHKPN periode 2020, total harta yang dilaporkan Sandiaga Uno mencapai Rp 3,81 triliun. Namun pada LHKPN yang dlaporkan Sandiaga Uno untuk pelaporan periode 2021, total kekayaannya melonjak hingga Rp 10,6 triliun.

  1. Prabowo Subianto

Prabowo Subianto juga masih menempati posisi kedua, setelah total harta kekayaannya pada LHKPN mencapai Rp 2,03 triliun, naik tipis dibandingkan periode laporan 2020 yakni Rp 2,02 triliun.

  1. Nadiem Anwar Makarim

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi itu melaporkan hartanya dalam LHKPN periode 2021 mencapai Rp 1,17 triliun, turun tipis dari pelaporan LHKPN periode 2020 yang mencapai 1,19 triliun.

  1. Luhut Binsar Pandjaitan

Total kekayaan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada LHKPN 2021 mencapai Rp 716,3 miliar, turun dibandingkan periode pelaporan LHKPN 2020 sebesar Rp 746,1 miliar.

  1. Airlangga Hartarto

Harta milik Airlangga Hartarto yang dilaporkan untuk periode 2021 mencapai Rp 425,6 miliar. Angka ini meningkat cukup besar dibandingkan pelaporan periode 2020 yang mencapai Rp 260,6 miliar. (1st)


IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS