Hasil Kerja Fungsi Legislasi DPRD Kabupaten Tangerang: Duh, Makin Nggak Jelas Nih Soal Propemperda 2021

Hasil Kerja Fungsi Legislasi DPRD Kabupaten Tangerang: Duh, Makin Nggak Jelas Nih Soal Propemperda 2021
Surat Keputusan DPRD Kabupaten Tangerang Nomor 28 Tahun 2020
NONSTOPNEWS.ID - Keterangan sejumlah pihak terkait yang saling bersebrangan, ditambah ketidaksesuaian data informasi, membuat Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2021 di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang tampak semakin tak jelas.
 
Seperti keterangan Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Kabupaten Tangerang, Yudi Zain, yang menyampaikan bahwa ada 12 dari 17 Raperda pada Propemperda yang sudah diselesaikan. Namun dirinya tidak bisa menjelaskan perihal nomor dan draft Raperda yang sudah diselesaikan menjadi Perda.
 
"Kalau untuk capaian 2021, ada 12 Raperda yang sudah dilaksanakan. 4 Raperda Inisiatif, 5 Legislatif dan 3 Kumulatif. Nah untuk draftnya saya belum ngerti juga sih cuma yang jelas 12 itu," ujar Yudi saat dihubungi via telpon, Rabu (5/1/2022).

 
Keterangan Yudi Zain itu bersebrangan dengan keterangan dari bagian hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Tangerang, Lilis Suryani.
 
Sebab, berdasarkan keterangan Lilis, saat ini baru ada empat Perda yang sudah memiliki nomor registrasi, dan sudah disahkan.
 
"Kalau untuk tahun 2021, perda yang baru disahkan ada empat, ya. Perda Pengolahan Dana Bergulir, Perda Pajak Daerah, Perda Pertanggungjawaban APBD 2020 dan Perda Perubahan APBD tahun 2021," jelas Lilis saat ditemui diruang kerjanya, di lantai 4 gedung Bupati Kabupaten Tangerang, Rabu (5/1/2022). 
 
Lebih lanjut, dari Raperda yang diklaim sudah selesai dan Raperda yang sudah disahkan menjadi Perda, beberapa diantaranya disinyalir tak sesuai dengan surat Keputusan DPRD Kabupaten Tangerang Keputusan Nomor 28 Tahun 2020 tentang Penetapan Propemperda tahun 2021.
 
Hingga informasi ini disampaikan, nonstopnews.id masih terus menggali informasi lebih mendalam, mengenai perihal terkait.
 
Sayangnya, Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Tangerang, Nazil Fikri, seperti tak bergeming, dan tampak belum ingin memberikan keterangan. Meski beberapa kali telah coba untuk dihubungi. (Mm)