Hasil Kerja Fungsi Legislasi DPRD Kabupaten Tangerang Belum Jelas, Tolong Diperjelas Dong Pak!

Hasil Kerja Fungsi Legislasi DPRD Kabupaten Tangerang Belum Jelas, Tolong Diperjelas Dong Pak!
Gedung DPRD Kabupaten Tangerang

NONSTOPNEWS.ID - Berdasarkan surat Keputusan, Nomor 28 Tahun 2020 tentang Penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2021, terdapat 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) telah ditetapkan oleh DPRD Kabupaten Tangerang.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, sebanyak 12 Raperda dari 17 Raperda tersebut sudah diselesaikan. Namun, belum ada kejelasan terkait informasi detilnya.

Kepala Sub Bagian Persidangan, Sekretariat DPRD Kabupaten Tangerang, Jajat menerangkan, pihaknya hanya bisa memberitahukan jumlah Raperda yang sudah diselesaikan dan meminta awak media mendatangi bagian perundang-undangan guna mengkonfirmasi hal tersebut.

"Tahun 2021 yang tercapai 12 raperda. Kalau mau rinciannya ya ke bagian perundang-undangan aja," pungkasnya, Selasa, (4/1/2021).

Sementara, Kepala Sub Bagian Perundang-Undangan Subarna terkesan menolak memberikan informasi detil terkait hal tersebut.  

"Ya yang jelas, 2021 sebanyak 12 Raperda sudah diselesaikan," kata Subarna dengan nada tinggi saat ditemui di gedung DRPD Kabupaten Tangerang, Selasa (4/1/2021). 

Lebih lanjut, Sekretaris DPRD Asep Suherman, saat dikonfirmasi sudah memerintahkan kepada anak buahnya untuk memberikan draft dan rincian detil terkait Raperda 2021. 

"Ini kan sudah dikonfirmasi, bisa langsung minta ke bagian perundang-undangan untuk detilnya, terkait Raperda apa saja yang sudah tercapai. Sejauh ini ada 12 Raperda yang sudah dilaksanakan," ujar Asep saat ditemui di ruang kerjanya. 

Disisi lainnya, Ketua Badan Perencanaan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Nazil Fikri seperti enggan berkomentar ketika berusaha dikonfirmasi.

Untuk diketahui, 17 Raperda 2021 terdiri dari 5 Raperda usulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, 9 Raperda Inisiatif DPRD dan 3 Raperda Kumulatif Terbuka dengan rincian sebagai berikut : 

    1. Raperda Perubahan Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang RPJMD Kabupaten Tangerang.
    2. Raperda Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 11 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah  Kabupaten Tangerang.
    3. Raperda Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.
    4. Raperda Perubahan Perda Nomor 4 Tahun 2012 tentang Penyediaan, Penyerahan Prasarana, Sarana, Utilitas pada Kawasan Industri, Perdagangan, Pariwisata, Perumahan dan Pemukiman.
    5. Raperda Perubahan atas Perda Nomor 10 tahun 2014 tentang kepemudaan.
    6. Raperda Kabupaten Layak Anak.
    7. Raperda Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau.
    8. Raperda Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.
    9. Raperda Penyelenggaraan  Kewirausahaan.
    10. Raperda Penyelenggaran Badan Usaha Desa di Lingkungan Kabupaten Tangerang.
    11. Raperda Perlindungan Produk Lokal.
    12. Raperda Pencegahan dan penanggulangan Bahaya Kebakaran.
    13. Raperda Ritel.
    14. Raperda Perlindungan Hukum Bagi Pemilik Tanah dalam rangka Pengadaan Tanah bagi Kepentingan Swasta.
    15. Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020.
    16. Raperda Perubahan APBD Tahun 2021.
    17. Raperda APBD Tahun 2022. (MM)