Hari Ini, MK Gelar Sidang Perbaikan Permohonan Pengujian UU Ketenagakerjaan

Hari Ini, MK Gelar Sidang Perbaikan Permohonan Pengujian UU Ketenagakerjaan
Hakim Konstitusi Enny Nurbaningsih

NONSTOPNEWS.ID – Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang Pengujian Materiil Pasal 1 ayat (15) dan Pasal 50 Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan terhadap UUD 1945 pada Senin (15/08), pukul 09.30 WIB dengan agenda Perbaikan Permohonan.

Dilansir dari laman resmi MK, https://www.mkri.id/, disebutkan bahwaa Permohonan Pengujian UU Keternagakerjaan yang teregistrasi dengan nomor perkara 75/PUU-XX/2022 ini diajukan oleh Muhayati, Een Sunarsih, Dewiyah, Kurniyah dan Sumini. Norma yang diujikan adalah Materiil Pasal 1 ayat (5) dan Pasal 50 UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

“Dalam sidang sebelumnya (1/8/2022), Hakim Konstitusi Enny Nurbaningsih menasehati para Pemohon agar mempelajari lebih jauh mengenai cara pengajuan permohonan uji Undang-undang ke MK termasuk sistematika permohonan melalui Peraturan Mahkamah Konstitusi (PMK) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Tata Acara dalam Perkara Pengujian Undang-Undang (PMK 2/2021),” tulis MK dalam siaran pers, Senin (15/8/2022).

Sementara itu, Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, mencermati redaksional permohonan, misalnya penyebutan Pemohon diubah menjadi para Pemohon karena ada lima Pemohon.

Selanjutnya, Wahiduddin mengingatkan para Pemohon agar menyajikan tidak seperti menulis makalah, tapi sesuai pedoman dalam PMK No. 2 Tahun 2021. Hal lain, dari tujuh para pihak, ada satu orang yang belum tanda tangan dalam permohonan.

Begitu juga dengan Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul, yang menyampaikan agar para Pemohon melengkapi undang-undang dalam kewenangan Mahkamah, semisal UU MK terbaru dan PMK 2/2021. Lainnya, Manahan juga meminta para Pemohon lebih memperjelas dan menguraikan identitas para Pemohon dalam permohonan. (1st/*)


IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS