Harga BBM Naik, Angka Kunjungan Wisata ke Carita Sea Park Merosot

Harga BBM Naik, Angka Kunjungan Wisata ke Carita Sea Park Merosot
Lokasi wisata pantai Carita Sea Park, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten

NONSTOPNEWS.ID - Naiknya harga BBM pada awal September lalu, ternyata sangat berpengaruh pada kunjungan wisata ke Pantai Carita Sea Park di Pandeglang, Banten.

Menurut Iwan (35), salah seorang petugas yang mengawasi tempat wisata pantai yang dikelola oleh Perum Perhutani tersebut, bahwa naiknya harga BBM yang diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sangat mempengaruhi tingkat kunjungan wisata pantai ke Carita Sea Prak yang terletak di wilayah Kecamatan Carita, Pandeglang, pengunjungnya cenderung menurun dan sepi.

"Iya sepi banget, wadhu sangat berpengaruh bangat, biasanya bisa mencapai 500 sampai 1000 pengunjung, kali ini tidak segitu, " tuturnya di lokasi wisata, Minggu (25/9/2022).

Jika dibandingkan dengan dengan jumlah kunjungan wisata pantai ke Sea Park beberapa waktu lalu pasca Covid redah, maka jumlah pengunjung ke Sea Park kali ini mengalami penurunan yang cukup drastis, bisa mencapai angka 70% dari kunjungan sebelum harga BBM naik.

"Wah  pengaruhnya sangat besar, penurunan angka kunjungan wisata bisa mencapai angka 70%, kalau pasca covid itu lumayan banyak, " ungkap Iwan yang juga merupakan warga asli wilayah setempat.

Senada, Sani (60), pedagang kecil yang menjajakan dagangannya di lokasi wisata pantai Carita Sea Parta, menuturkan keuntungan yang dia dapatkan dari hasil dangangan kelilingnya itu juga ikut berkurang, penyebabnya, karena sepi pengunjung.

Ibu paruh baya ini pun membandingkan berapa biaya transport yang harus ia keluarkan untuk bisa mencapai lokasi wisata pantai, tempat dimana dia menjajakan barang dagangannya. "Iya saya tinggal di samping Puskesmas kampung sebelah, kalu ke sini naik angkot,  sebelum harga BBM naik ongkosnya cuma Rp 5000, sekarang saya harus membayar ongkos dua kalipatnya, Rp 10.000," keluhnya.

Ibu Sani kemudian bercerita, bahwa ia rela menurunkan harga jual dari barang dagangan yang dia tawarkan ke para pengungung Sea Park, meski dirinya mengaku kalau untungnya tidak seberapa, yang penting dagangannya yang laku itu bisa memenuhi ongkosnya untuk kembali ke rumah setelah selesai bedagang di lokasi wisata pantai yang biasanya ramai di hari libur atau hari Minggu seperto saat ini.

"Udah dari pagi Pak kita keliling, berapa ajalah yang penting bisa balik naik angkot, waktu itu cuman Rp5000 sekarang udah naik jadi Rp10.000." Tuturnya kepada Nonstopnews.id, Minggu (25/9/2022) sore. (Ali)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS