Ganggu Estetika, Pemkot Tangsel Potong Belasan Kabel Belasan Kabel Udara Fiber Opitic

Ganggu Estetika, Pemkot Tangsel Potong Belasan Kabel Belasan Kabel Udara Fiber Opitic
Proses pemotongan kabel udara fiber optic di Jalan Raya Ceger, Jurang Mangu Timur, Kota Tangerang Selatan, Kamis (14/7/2022)

NONSTOPNEWS,ID - Kabel udara fiber optic milik provider internet yang semrawut di Jalan Raya Ceger, Jurang Mangu Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ditertibkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel melalui Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK), pada Kamis (14/7/2022).

Kasi Perencanaan Jalan dan Jembatan pada DSDABMBK Tangsel, Ramdan Arafat mengatakan, jika penertiban kabel udara milik provider dipotong dengan alasan menganggu estetika di lingkungan wilayah Tangsel.

"Hari ini kita lakukan penertiban untuk kabel udara. Karena secara estetika memang sangat tidak baik ya. Ada sekitar 12 kabel fiber optic yang dipotong," kata Ramdan di lokasi.

Pemotongan kabel fiber optic, pihaknya akan dilakukan secara bertahap dan Jalan Raya Ceger menjadi lokasi pertama.

Nantinya, seluruh kabel fiber optic akan ditanam dan tidak ada lagi pemasangan kabel udara di wilayah Tangsel.

"Rencananya untuk tahun ini pertama di Jalan Raya Ceger sepanjang 3,5 kilometer kabel atas diturunkan ke bawah," ujarnya.

Lanjut Ramdan selain menganggu estetika, pemotongan kabel fiber optic juga karena pihak provider lambat untuk merapihkan kabelnya dengan alasan pengiriman bahan material bawah tanah lambat dikirim.

"Karena dengan cara ini (pemotongan) otomatis para provider akan segera mengirimkan material untuk bawah tanah. Pekerjaan ini terkesan agak lambat karena permasalahannya pihak provider itu agak lambat mengirimkan galian kabel yang mengirim," ungkap Ramdan.

"Jika sudah jaringan sudah diputus mau enggak mau otomatis hari ini atau besok mereka akan mengirimkan material kabel. Supaya relokasi dipercepat," tambahnya.

Bahkan, pihaknya menargetkan dalam waktu tiga bulan kabel semrawut di Jalan Raya Ceger sudah terlihat rapi.

"Mudah-mudahan dalam waktu cepat tiga bulan ini sudah rapi. Jalur bawah tercapai," tandas Ramdan. (*)


IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS