DCKTR Kota Tangerang Selatan: SPAM Karian Serpong Bakal Aliri 650 Liter per Detik di Tangsel

DCKTR Kota Tangerang Selatan: SPAM Karian Serpong Bakal Aliri 650 Liter per Detik di Tangsel
Sosialisasi Proyek Strategis Nasional Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Karian-Serpong, di Aula Kecamatan Serpong, Kamis (4/8/2022)

NONSTOPNEWS.ID - Kepala Bidang Air Minum dan Air Limbah, pada Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Hadi Widodo memaparkan Proyek Strategis Nasional Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Karian-Serpong, di Aula Kecamatan Serpong, Kamsi (4/8/2022).

Dalam paparannya, Hadi Widodo menyatakan bahwa, Instalasi Pengelolaan Air (IPA) yang nantinya terletak di Villa Mutiara Serpong, akan mengaliri 650 liter per detik air bersih, yang berstandar baku minum kepada masyarakat, yang saat ini belum terlayani.

"Pembangunan instalasinya akan dimulai pada akhir 2022 mendatang. Ditargetkan selesai pada 2024, dan sudah mengaliri air bersih berstandar air baku minum. Hari ini kami sosialisasikan kepada masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Serpong. Sebelumnya kami sudah memaparkan di Kecamatan Serpong Utara dan Pondok Aren," kata Hadi Widodo.

Pihaknya menjelaskan, perlunya peran serta masyarakat, dalam memberikan masukan-masukan kepada pemerintah, sebagai salah satu bahan kajian, agar pembangunan SPAM Karian-Serpong, dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di wilayah Kota Tangsel.

"Dalam sosialisasi hari ini, kami memberikan link kuesioner kepada masyarakat, karena kami perlu masukan dari masyarakat. Ini juga sebagai bahan kajian kami, apa saja masukan-masukan dari masyarakat, untuk Proyek Strategis Nasional (Pronas) milik Pemerintah Pusat," tegas Hadi Widodo.

Di lokasi yang sama, Sekretaris DCKTR Kota Tangsel Tati Suryati menuturkan, pemerintah terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal, terlebih soal pemenuhan air bersih bagi masyarakat.

Melintasnya SPAM Karian ke wilayah Tangsel, ujar Tati Suryati, tentunya akan memberikan dampak positif bagi wilayah, khususnya peningkatan ekonomi bagi masyarakat.

"Pronas ini tentunya akan membawa dampak yang positif. Khususnya bagi perekonomian masyarakat. Bagaimana tidak, wilayah yang akan dilintasi SPAM, akan mendongkrak nilai jual lahan, yang tentunya dapat berpengaruh kepada masyarakat, selain air bersih yang akan disalurkan," ucap Tati Suryati.

Dengan air bersih yang akan disalurkan melalui SPAM Karian-Serpong, tentunya juga akan memberikan kesehatan, serta mutu kehidupan masyarakat Kota Tangerang Selatan. Sehingga, tentunya perlu dukungan dari seluruh elemen, termasuk unsur lingkungan, seperti yang kami lakukan saat ini," sambungnya.

Terpisah, Camat Serpong Syaifuddin menyambut baik rencana Pemerintah Pusat terkait SPAM Karian. Menurutnya, dengan adanya SPAM tersebut, masyarakat lebih sehat, dan mendapatkan air bersih untuk pemenuhan kebutuhan hidup.

Karena, lanjut Syaifuddin, air bersih yang juga baku minum, menjadi kebutuhan yang sangat penting di kehidupan manusia sehari-hari.

"Kami dari wilayah tentunya sangat menyambut baik Pronas ini. Karena program ini akan memberikan manfaat yang sangat banyak, terlebih untuk pemenuhan kebutuhan air bersih yang baku minum. Jadi, program Pemerintah Pusat ini, akan bermanfaat bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Serpong," ungkap Syaifuddin. (*)


IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS