Nyambi di Parpol, Panwaslu Kota Tangsel Selidiki 49 ASN

Ilustrasi/net

TANGSEL - Terkait beredarnya kabar ada 49 Aparatur Sipil Negara(ASN) di Kota Tangerang Selatan yang menyambi sebagai anggota maupun pengurus Partai Politik dibenarkan oleh Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangsel, Aas Satibi.

Bahkan Satibi menyebutkan, yang terindikasi berafiliasi dengan parpol kebanyakan pejabat setingkat eselon III dan IV.

"Ada pejabat setingkat lurah, setingkat Sekretaris Kelurahan (Sekkel), setingkat Kasi di kelurahan, staff di dinas, kecamatan, dan kelurahan. Sepertinya merata ya," bebernya lewat pesan Whatsappnya, Selasa (13/03/2018)

Lebih lanjut Satibi menyatakan, pihaknya sudah meminta klarifikasi kepada Badan Kepegawaian, Pedidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel."Iya, banyak di tingkat Kecamatan dan Kelurahan. Kita juga sudah minta klarifikasi kepada BKPP, silahkan tanyakan langsung ke BKPP saja," imbuhnya.

Ditambakan Satibi, Panwaslu Kota Tangerang Selatan akan menyelidiki permasalahan itu dalam tenggat waktu selama 14 hari. Sekedar diketahui, dari penelusuran redaksi, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN yaitu PNS yang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik akan dijatuhi hukuman berupa diberhentikan dengan tidak hormat.

Mengacu hal tersebut, 49 ASN yang disinyalir terlibat dalam politik praktis sebuah Partai Politik di Kota Tangsel, nampaknya harus bersiap diri, apabila didapati benar terlibat dalam sebuah Parpol.

Berdasarkan kabar yang dihimpun redaksi dari berbagai sumber, beberapa nama oknum ASN yang diduga menjadi pengurus Parpol antara lain, Plt Lurah di Kecamatan Ciputat Timur berinisial AH yang namanya masuk dalam kepengurusan Partai Golkar.

Plt Lurah di Kecamatan Serpong berinisial NW, yang juga terdaftar di kepengurusan Partai Golkar, Plt Lurah di Kecamatan Serpong berinisial EJ yang menjadi pengurus di Partai Golkar, Plt Lurah di Kecamatan Serpong Utara berinisial OMS, yang menjadi pengurus di Partai Golkar.

Lalu Plt Lurah di Kecamatan Setu berinisial SA, yang terdaftar di Partai Amanat Nasional (PAN), kemudian, Sekretaris Lurah di Kecamatan Serpong Utara berinisial MB, yang terdaftar di Partai Golkar.

Ada juga, Plt Lurah di Kecamatan Setu berinisial SH, yang terdaftar menjadi pengurus di Partai Gerindra, kemudian Plt Lurah di Kecamatan Serpong Utara berinisial S, yang menjadi pengurus di Partai Golkar.(ari/hw)