Normalisasi Kali Semongol, Dewan Kota Jakbar : Warga Siap, Dinas SDA Jangan Lelet

(man|nonstopnews.id)

KALIDERES - Pasca terjadinya banjir yang melanda 7 RW, tepatnya sekitaran Jalan Manyar Rw 11 dan jalan Lingkungan 3 RW 03, Kelurahan Tegal Alur, Kalideres Jakarta Barat, tampak sejumlah warga melakukan bersih-bersih lumpur dan sampah yang masuk kedalam rumah mereka, Jumat (16/2/2018) Sore.

Salah satu warga korban mengatakan,  beruntung banjir yang masuk kedalam rumah mereka tidak menenggelamkan dokumen surat penting, seperti buku nikah, ijazah dan surat berharga lainnya. 

"Kalau surat surat diatas lemari,jadi masih ada, tidak rusak," ucap Safi'i, yang rumahnya terendam sekira pinggang orang dewasa kemarin.

Sementara itu, Ketua Rw 11 Purwanto mengatakan, banjir dilingkungannya sudah sering terjadi, hal itu disebabkan kondisi kali Semongol yang kian mengecil dan banyak lumpur.

"Normalisasi kali semongol semoga cepat dilakukan untuk mengantisipasi banjir yang sering terjadi di lingkungan kami. Dengan tinjauan Ketua Dewan Kota Jakarta Barat, dan juga Lurah Tegal Alur, setidaknya dapat melihat langsung kejadian yang sebenarnya di lingkungan kami," harap Purwanto.

Dari hasil pantauan dilokasi kemarin, tampak terlihat Ketua Dewan Kota Jakarta Barat, Mochamad Maskur meninjau langsung lokasi dengan memberikan beberapa bantuan berupa makanan cepat saji dan sejumlah uang kepada warga korban banjir.

Saat ditemui dilokasi, Maskur menuturkan, kondisi banjir yang menggenangi lingkungan penduduk disebabkan kali Semongol  yang dangkal dan terlihat mengecil akibat banyaknya bangunan dibantaran kali.

"Warga sudah siap, sekarang tinggal keseriusan Pemda DKI, khususnya Dinas Sumber Daya air dalam melakukan normalisasi," kata Maskur didampingi sejumlah LMK Kelurahan Kelurah Tegal Alur.

Masalah banjir yang terjadi di wilayah Kelurahan Tegal Alur Kalideres, menurut Maskur, tidak bisa dihilangkan lantaran berdekatan dengan wilayah Utara,yang bukan tidak mungkin berdampak dengan Rob. "Kita berharap program Pemerintah yang nyata. Saya yakin, kalau kali ini dinormalisasi, setidaknya masalah banjir bisa teratasi," tutupnya.(man)