Ironis.! Di Pegadungan Jakbar Warga Gunakan Air Kali untuk Keperluan Sehari-hari 

(man|nonstopnews.id)

KALIDERES - Warga jalan Jambu Air RW 02, Kelurahan Pegadungan Kecamatan Kalideres Jakarta Barat, berharap di lingkungan wilayah mereka bisa dipasang air bersih dari Perusahan Air Minum (PAM) Jaya. Sebab air yang selama ini mereka gunakan untuk keperluan sehari-hari seperti mencuci pakaian adalah air dari kali Maja.

Dikatakan warga, selama ini mereka memanfaatkan air kali yang kotor itu untuk mencuci pakaian."Ya mau gimana lagi pak, karena air yang ada dilingkungan ini airnya asin, kalau dipakai nyuci baju, otomatis bajunya pada rusak," kata Aisah salah satu warga RT 05/02, Selasa (13/2/2018).

Hal senada juga dikatakan seorang ibu rumah tangga, Diana, warga Rt 07/02 Jalan Jambu Air Kelurahan Pegadungan Kalideres. Walaupun air di kali Maja terlihat kotor, dirinya tak perduli. Baginya mencuci pakaian dikali Maja merupakan sudah biasa. 

"Sudah dua puluh tahun mas, saya nyuci baju dikali. Dulu airnya bersih, sekarang butek, banyak lumpurnya.Tapi mau gimana lagi, air bersih disini selalu beli.Sedangkan Air Pam belum masuk jalan wilayah ini," cetus Diana.

Diana berharap, agar ada perhatian dari Pemda Jakarta Barat, terkait masalah air bersih ini. Karena masalah itu sangat dibutuhkan warga masyarakat jalan Jambu Rw 02."Saya berharap, dillingkungan jalan ini bisa masuk air bersih dari Pam Jaya," harapnya.

Lingkungan Jalan Jambu Air Kelurahan Pegadungan Kalideres ini termasuk area pelayanan yang belum ada jaringan pipa PAM Jaya. Area ini termasuk dalam wilayah 'low supply' artinya kontinuitas airnya belum stabil dan tekanan airnya pun rendah.

Pihak Pam Jaya sendiri baru membangun Water Treatment Plant (WTP) di Kanal Banjir Barat yang direncanakan baru bisa beroperasi pada tahun 2019. (man)