Pjs Walikota Tangerang : Bulan Puasa, Warung Makan Pakai Tirai Di Siang Hari Akan Disanksi

Istimewa

TANGERANG - Serempak di beberapa kota/kabupaten di Provinsi Banten, menjelang bulan ramadhan yang kemungkinan ditetapkan pada Kamis (17/05/2018) mendatang, sejumlah peraturan dan surat edaran dari kepala kepala daerah, dikeluarkan guna mengatur jam operasional warung makan sampai tempat hiburan.

Seperti tertuang pada Surat Edaran Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Tangerang, dimana berbunyi agar sejumlah tempat makan, dan lokasi usaha hiburan agar mengubah, bahkan menghentikan sejumlah kegiatan yang ada.

Dalam rangka toleransi umat beragama dan menghormati bulan suci ramadhan 1439 H/2018, pihaknya menyampaikan jadwal penutupan sementara jam buka rumah makan dan usaha jasa hiburan. Terdapat dua point penting dalam Surat Edaran tersebut.

Yang pertama, kepada pemilik rumah makan dan sejenisnya, jam mulai buka pukul 15.00 WIB, dan tidak membuka tempat usahanya secara terbuka, atau menggunakan tirai. Pada point kedua, usaha jasa hiburan umum (Singing Hall, Karaoke, Spa, Sauna, Massage dan Billiar) agar menghentikan kegiatannya H-1 Bulan Suci Ramadan, terhitung tanggal 15 Mei 2018 (Mengikuti Peraturan Pemerintah Pusat, dalam menentukan Hilal, atau hari pertama Ramadan 1439 H) dan buka kembali pada 17 Juni 2018, hal tersebut (buka kembali) pun, turut mengikuti peraturan pemerintah, dalam menentukan 1 Syawal 1439 H.

Dalam point ketiga, tertulis akan ada sanksi tegas, terhadap para pelaku atau pemilik tempat makan dan usaha hiburan umum yang tidak mengikuti Surat Edaran tersebut, yakni penutupan secara tegas. (ak)