Di Tahun Politik, Panwaslu Perlu Tingkatkan SDM

PN/istimewa)

TANGERANG- Salah satu tantangan yang akan dihadapi pengawas Pemilu saat ini yaitu penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah 2018 dan Pemilu 2019.Untuk menghadapi tantangan tersebut, perlu adanya meningkatkan kemampuan sekaligus memperkuat SDM pengawas Pemilu di tahun-tahun politik ini.


Komisoner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangerang Divisi SDM dan Organisasi, Muhammad Abdul Rosid mengatakan bahw tantangan untuk meningkatkan kemampuan SDM di internal menjadi pekerjaan tidak mudah. “Tentu ini pekerjaan yang tidak ringan bagi kami, karena kami harus menyiapkan SDM pengawas hingga TPS. Apalagi jumlah rasio penduduk dengan rasio pengawas tidak seimbang,” kata Rosid.


Tak hanya Pilkada serentak 2018, menurutnya persiapan pemilu legislatif dan Pemilu Presiden 2019 diperkirakan juga akan dimulai tahun ini. Karena itu, ia menilai, pekerjaan Pengawas Pemilu dalam waktu dekat akan semakin berat.


Namun demikian sampai dengan saat ini, pihaknya sudah menyiapkan pengawas menjelang Pilkada serentak dengan pengawas kecamatan sebanyak 3 orang di 13 kecamatan hingga 63 pengawas. “Kami juga sudah menyiapkan pengawas tingkat kelurahan sebanyak 104 pengawas (Panwas kelurahan), kemudian dalam waktu dekat kami akan mnyiapkan pengawas tingkat TPS (PTPS) sebanyak 3.900 orang,” katanya.


“Kami pahami bahwa Pilkada Kota Tangerang yang akan digelar Juni tahun ini dan tahapan pesta demokrasi 2019 pun akan dimulai pada tahun ini juga tentu kita semua membutuhkan SDM-SDM yang memadai, sehingga kami ke depan dalam melakukan sesuatu dapat sesuai dengan koridor UU Pemilu maupun UU Pilkada,” tutupnya. (DEN)