Waduh! Tol Tangerang Juga Akan Diberlakukan Ganjil Genap

(ilustrasi/ist)

JAKARTA- Penerapan aturan sistem ganjil-genap akan diberlakukan di Gerbang Tol Tangerang. Kendati masih wacana, namun kemungkinan peraturan tersebut lambat laun akan diberlakukan.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan evaluasi dengan DPR RI, Selasa (13/3/2018), di Gedung Parlemen, DPR Senayan, Jakarta.

"Penerapan sistem ganjil dan genap bisa saja dilakukan di jalan tol lain, seperti Jalan Tol Tangerang. Intinya, memungkinkan ya kalau lihat shape-nya, dari bentuk jalan dan kota, Tangerang yang paling mungkin diberlakukan seperti apa yang dilakukan di Bekasi," ucap Budi.

Meski demikian, Budi menyebut penerapan sistem itu di Jalan Tol Tangerang masih sebatas wacana. Namun, menurutnya, memang kondisi di Tangerang paling memungkinkan untuk penerapan sistem itu. Karena jika dilakukan di ruas tol Depok dan Bogor sangat sulit diterapkan.

"Kalau melihat bentuk kotanya ya, di mana ada Kota Tangerang itu menginterupsi lalu lintas dari arah barat. Kemungkinan Tangerang yang bisa dilakukan," sebut Budi.

Penerapan sistem ganjil-genap di Gerbang Tol Bekasi Barat-Bekasi Timur mulai diuji coba pada Senin (12/3) kemarin. Ada 3 aturan baru yang berlaku, salah satunya pengaturan kendaraan pribadi melalui skema ganjil-genap, yakni dari Senin hingga Jumat pada pukul 06.00-09.00 WIB, kecuali hari libur nasional.(rm)