Tak Mau Orang Sakit Naik Losbak, Bupati Serang Bakal Sebar 326 Mobil Ambulan

(ilustrasi/ist)

SERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang saat ini sedang menyiapkan anggaran khusus untuk pengadaan mobil ambulan di setiap desa untuk 2019.

Bupati Tatu Chasanah mengungkapkan,  mobil ambulan akan membantu kinerja kader di desa yang akan membawa masyarakat ke rumah sakit.

“Semoga ini bisa terwujud pada tahun 2019 dan tidak ada lagi cerita jika ada pasien yang dibawa pake mobil losbak. Soal perawatan, ditanggung dari dana desa masing-masing,” kata Tatu.

Hal itu diungkapkan Ratu Tatu Chasanah saat memberikan sambutan penghargaan kepada kader posyandu Kabupaten Serang di Aula RSUD Kabupaten Serang, Selasa, (15/5/2018).

Kadinkes Kabupaten Serang, Sri Nurhayati mengatakan bahwa pengadaan ambulan masih dalam tahap perencanaan. Tapi, proposal dari desa sudah beberapa yang masuk pengadaan  ambulan di setiap desa.

“Proposal masih kita seleksi, karena kita memiliki kriteria khsusus untuk mendapatkan mobil ambulan,” ujarnya.

Masih kata Sri, pihaknya memberikan persyaratan khusus yakni, desa menyanggupi seluruh biaya operasional dan menjadi Desa siaga, dengan kata lain agar desa memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat.

“Kalau kita backup seluruh desa untuk mengurusi operasional maka tidak cukup dan saat ini sudah ada beberapa desa yang mengajukan untuk kita proses kelanjutannya,” pungkasnya. (dr/hw)