Unik! Kecamatan Benda Gelar Lomba Memandikan Jenazah

Dewan juri menilai peserta usai lomba memandikan jenazah di Kantor kecamatan Benda Kota Tangerang, Selasa (29/8/2017). (uis/nonstopnews)

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Festival Kampung Merdeka di Kecamatan Benda Kota Tangerang berlangsung semarak, Selasa (29/8/2017). Uniknya, acara yang berlangsung dalam rangka memperingati HUT RI ke 72 ini juga diadakan lomba memandikan jenazah.

Sebelum memulai memandikan jenazah, para peserta lebih dulu diberikan sosialisasi cara mengkafani jenazah yang baik sehingga proses kafan dan memandikan jenazah menjadi sempurna.

Camat Benda, Teddy Roestendi mengatakan, saat ini amil yang memandikan jenazah sudah berumur sepuh dan yang anak muda belum ada pengetahuan. Sehingga bila ada yang meninggal di wilayah lebih dari satu orang secara bersamaan mengalami kesulitan.

“Proses memandikan jenazah juga menjadi lama karena kekurangan amil. Makanya kegiatan ini kita harapkan timbul anak muda yang punya kemampuan untuk memandikan jenazah,” katanya.

Untuk peserta, lanjut Camat, diambil dari 1 kelurahan sebanyak 2 orang yang terdiri dari pria dan wanita. Total ada 5 kelurahan dengan 10 peserta.

“Pesertanya memang kita batasi karena memandikan jenazah butuh waktu minimal 30 menit,” ucapnya seraya berharap kedepan adanya regenerasi amil yang memandikan jenazah di setiap kelurahan.

Salah seorang peserta, Heri sutrisna (16) dari Kelurahan Benda mengaku bangga bisa ikut lomba mengkafani dan memandikan jenazah ini. Menurutnya, lomba ini sangat bermanfaat karena menjadikan pengetahuan lebih luas.

“Kalau cara-caranya sata sudah tau tapi praktik sebenarnya saya belum ada pengalaman,” jelas Heri.

Tambah dia, memandikan jenazah adalah tugas yang mulia dan membantu sama lain. Dirinya berharap kegiatan ini juga berkelanjutan agar ada regenerasi akik memandikan jenazah, khususnya di Kecamatan Benda.

Pantauan nonstopnews, para peserta tampak serius mengikuti sosialisasi kafan dan memandikan jenazah yang diberikan oleh amil. Dewan juri menilai cara-cara peserta dalam memandikan jenazah.

Baca juga:   Wow, FOKBI Kota Tangerang Senam Poco-poco Bareng Menpora

Selain lomba memandikan jenazah juga digelar lomba bernyanyi, senam masal, tarik tambang, futsal dan lomba pidato. Bagi yang beruntung peserta juga bisa mendapatkan doorprize sebanyak 80 hadiah. (uis)

Bagikan:
x

Check Also

JAS Kembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Masyarakat

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Corporate Social Resposibility (CSR) PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS) di tahun ...