Soal Rohingya, Hikmahbudhi dan GP Ansor Kota Tangerang Gelar Diskusi Bersama

Diskusi bersama ‘Dari Kota Tangerang Untuk Rohingya’ yang diinisiasi oleh Hikmahbuddhi dan GP Ansor, Selasa (5/9). (istimewa)

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Pimpinan organisasi kemahasiswaan lintas agama dan majelis-majelis agama Buddha mengadakan diskusi bersama di ruang serbaguna Vihara Sasana Subhasita pada Selasa (5/9/2017).

Acara yang diinisiasi oleh Hikmahbudhi dan GP Ansor Kota Tangerang ini bertujuan untuk mengumpulkan seluruh elemen masyarakat Buddhis dengan agama lainnya yang berdomisili di daerah Tangerang dalam satu tempat guna membahas isu-isu kebangsaan yang sedang memanas saat ini.

“Acara ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa terhadap kerukunan antar umat beragama yang dirasakan mulai mengendur saat ini terutama di media sosial atas terjadinya tragedi kemanusiaan di Myanmar,” kata Ahmad Darojat, Sekjend GP Ansor Kota Tangerang di kantornya, Rabu (6/9/2017).

Diskusi ini diawali dengan pemaparan dari masing-masing organisasi mengenai tragedi kemanusiaan di Myanmar yang menimpa suku Rohingya. Penjelasan-penjelasan dari berbagai organisasi ini berguna untuk mengerucutkan permasalahan yang ada agar tidak meluas kepada isu SARA.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa terdapat pihak-pihak yang ingin membawa masalah ini kepada isu SARA, seperti yang diberitakan pada beberapa media yang mengarahkan masalah kemanusiaan ini kepada isu SARA,” ungkap Darojat lagi.

Untuk itu, lanjut dia, diskusi ini dibuat sebagai tindakan pencegahan terhadap aksi-aksi lanjutan dari berita hoax yang menyebar, yang dapat memecah belah kerukunan yang sudah ada sejak dulu di Indonesia.

“Apa yang terjadi di Myanmar atas suku Rohingya bukanlah konflik Agama, melainkan masalah kompleks antara sejarah, status kewarganegaraan, pergantian rezim pemerintahan, politik, ekonomi dan daerah teritorial,” tegasnya.

Berkaitan dengan itu, diskusi bersama yang dihadiri oleh Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia, Sangha Theravada Indonesia, Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia, Majelis Umat Buddha Theravada Indonesia, Pemuda Theravada Indonesia juga Pemuda Tridharma Indonesia serta perwakilan vihara dan cetiya yang berada di sekitar Tangerang.

Baca juga:   Konser Amal Palestina di Tangerang Tembus Angka 100 Juta

“Dalam acara tersebut juga hadir organisasi lintas agama, selain GP Ansor ada HMI, IMM, GMNI, Sapma PP, FKUB dan lainnya,” tandas Darojat. (uis)

Bagikan:
x

Check Also

Tragedi Kekerasan Rohingnya, Kapolres Jamin Kenyamanan Umat Budha di Tangerang

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Kapolresta Tangerang AKBP H.M. Sabilul Alif menjamin kemanan dan kenyamanan umat Budha ...

Pemkot Tangerang Doakan Yang Terbaik Untuk Muslim Rohingya

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah menyampaikan keprihatinannya kepada para warga muslim Rohingya ...