Sekda Didaulat Serahkan Secara Simbolis DIPA 2017

penyerahan dipa thn 2017 kppn sekda

penyerahan dipa thn 2017 kppn sekda

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2017, telah dilaksanakan oleh Kantor Pelayanan dan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tangerang. Artinya, kita semua diharapkan agar dapat melaksanakan dan mensukseskan seluruh agenda pembangunan yang telah direncanakan pemerintah di tahun 2017, sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Dadi Budaeri, saat acara Penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2017 oleh KPPN Tangerang, pada satuan kerja di lingkup Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, diruang Al-Amanah, Lantai V, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (22/12).

Menurut Sekda, potensi anggaran yang ada harus dapat berkontribusi dan menjadi stimulan bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi sebuah daerah. Di mana setiap Satuan Kerja (Satker) diharapkan bisa bekerja lebih baik dengan memaksimalkan anggaran yang ada. Dengan mendorong penggunaan anggaran secara maksimal, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan agenda prioritas yang ada di masing-masing wilayah yaitu Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Selain itu, salah satu trigger atau pemicu pertumbuhan ekonomi yaitu dari efektivitas penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) yang ada di tiap pemerintah daerah atau pusat. Oleh karena itu, dirinya berharap, agar Satker dapat semakin memaksimalkan penggunaan APBD tahun 2017, dengan harapan penyerapan dan outputnya dapat turut berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Sekda juga mengingatkan, agar setiap Satker dapat melaksanakan tugas sebaik mungkin, melalui penyusunan rencana program kegiatan yang turut disinkronkan dengan agenda prioritas  pemerintah pusat. Dengan demikian, diharapkan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan di daerah dapat berjalan dengan cepat dan tepat, dengan turut didukung dan dibantu oleh pemerintah pusat.

Baca juga:   Bandara Soekarno Hatta Raih Penghargaan Most Improved Airport

Sementara itu, berdasarkan laporan KPPN Tangerang, Mohamad Yusuf Salim, dalam APBN tahun 2017 telah ditetapkan rencana Pendapatan Negara sekitar Rp. 1.750 triliun dan Belanja Negara sekitar Rp. 2.080 triliun. Dari keseluruhan anggaran belanja negara tersebut, dialokasikan melalui Kementerian/Lembaga sebesar Rp. 763,6 triliun, dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp. 764,9 triliun. Dengan rincian DIPA yang akan diserahkan kepada para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) di tiga daerah yaitu pada wilayah Kota Tangerang terdiri dari 40 buah DIPA sebesar Rp. 970 miliar, untuk wilayah Kabupaten Tangerang terdiri dari 39 buah DIPA sebesar Rp. 1.709 triliun dan untuk Kota Tangerang Selatan terdiri dari 30 buah DIPA sebesar Rp. 1.806 triliun.

Menurutnya, dukungan dan peranan dari para pimpinan daerah dan seluruh kepala Satker selaku KPA, sangat penting dalam mengawasi dan mengendalikan terlaksananya seluruh amanat yang tertuang dalam DIPA tersebut. Di mana langkah awal untuk percepatan penyerapan anggaran perlu dilakukan lebih terstruktur dari tahun sebelumnya, yaitu dengan lebih cepat dan menyeluruh proses percepatan pengadaan barang/jasa, sebelum tahun anggaran 2017 berjalan.

Di samping itu, terhadap proyek infrastruktur penting dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) tahun 2016 yang tertunda karena penghematan anggaran, kiranya dapat terus dilanjutkan penyelesaiannya di tahun 2017.

Dalam kesempatan ini, Sekda didampingi kepala KPPN Tangerang, turut menyerahkan DIPA tahun 2017 secara simbolis kepada Satker yaitu Kepolisian Resort Metro Kota Tangerang, Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, Pengadilan Negeri Kota Tangerang, Kantor Pelayanan Utama Ditjen Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pondok Aren, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang, Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran, Universitas  Terbuka, Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aaerolastika dan Aeroakustika.

Baca juga:   Bocah SMP Tewas Tenggelam Saat Berenang di Cisadane

(rk)

Bagikan:
x

Check Also

Gagal Menyalip, Buruh Wanita di Kabupaten Tangerang Tewas

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Sungguh malang nasib Suryanah (40) yang tewas akibat kecelakaan lalu lintas saat ...

Juragan Bakso Dibunuh Usai Berhubungan Intim

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Fera Yusita Sumarna (42) yang dtemukan tewas bersimba darah, dibunuh usai melakukan ...

Pembunuh Juragan Bakso di Cipondoh Berhasil Ditangkap Polisi

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Pelaku pembunuh wanita juragan bakso yang ditemukan tewas pada hari Minggu (17/9/2017) ...

Juragan Bakso Pamit ke Pasar Sebelum Tewas

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Wanita juragan bakso yang ditemukan tewas di rumah kontrakan di Gang Kartini, ...

Polisi Masih Memburu Pelaku Pembunuh Juragan Bakso

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Jajaran Polres Metro Tangerang masih memburu pelaku yang membunuh juragan bakso Fera ...