Sambut Ramadhan BI Bengkulu Berencana Gelar Pasar Murah

Kepala BI Bengkulu Bersama Instansi Lainnya Gelar Makan Siang Bahas Pasar Murah Jelang Ramadhan. (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID, Bengkulu – Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 H yang akan tiba sebentar lagi, tidak hanya disambut gembira oleh kebanyakan umat muslim. Kepala Bank Indonesia cabang Provinsi Bengkulu pun demikian, Endang Kurnia Saputra beserta jajarannya mengadakan pertemuan berencana ingin menggelar pasar murah bagi masyarakat saat bulan Ramadhan nanti.

Seperti yang diketahui, Endang Kurnia Saputra adalah Kepala Bank Indonesia cabang Provinsi Bengkulu, Endang menjabat sejak November 2016. Telah banyak yang ia lakukan untuk mendongkrak serta membantu perekonomian masyarakat Bengkulu.

Kali ini, ditengah-tengah kesibukan Endang beserta instansi terkait yakni dari Sekda Provinsi Bengkulu, Karo Ekonomi Provinsi Bengkulu, Bulog Bengkulu, dan Pertamina mengadakan pertemuan yakni dengan makan bersama di salah satu rumah makan pada beberapa hari yang lalu. Pertemuan itu membahas tentang pasar murah yang merupakan rencana kerja dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Bengkulu.

Menggelar pasar murah tentu akan membantu perekonomian masyarakat mengingat saat bulan suci Ramadhan pengeluaran masyarakat meningkat dari biasanya. Apalagi jika menjelang hari raya lebaran sejumlah barang kebutuhan akan mengalami kenaikan harga. Hal ini yang membuat kebanyakan merasa khawatir saat mendekati bulan puasa.

Sebagian masyarakat merasa takut bahan pokok mengalami kelangkaan saat bulan Ramadhan nanti apalagi menjelang Idul Fitri, akibatnya tidak sedikit masyarakat yang menimbun barang sejak jauh hari. Hal ini tentu yang tidak diinginkan oleh Sekda Bengkulu.

Rencana kerja TPID Bengkulu yang dimaksudkan ini adalah kegiatan pasar murah yang diselenggarakan dibeberapa titik (Kecamatan) di Kota Bengkulu yang paling besar menyumbang inflasi. Rencananya pasar murah TPID yang diperuntukkan bagi masyarakat Bengkulu tersebut telah ditentukan berdasarkan kesepakatan dan merupakan hasil analisis bersama.

Baca juga:   Festival Film Kota Tangerang Apresiasi Sineas Muda Indonesia

Adapun beberapa titik yang telah ditentukan yakni diantaranya Kecamatan Gading Cempaka, Muara Bangkahulu, Ratu Agung, Ratu Samban, dan Singgaran Pati. Namun demikian pasar murah tersebut akan diperluas kebeberapa Kecamatan dan Kabupaten.

BI Bengkulu bersama dengan instansi terkait akan menyiapkan pasokan komoditas pokok yang paling dibutuhkan masyarakat. Komoditas pokok yang biasanya memicu inflasi saat bulan Ramadhan yang menjadi perhatian yakni beras, gula, daging, cabai, minyak, dan lainnya.

Skema operasi pasar juga telah didiapkan jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan harga diluar kewajaran. Diharapkan dengan dilakukannya kegiatan pasar murah tersebut dapat menekan inflasi Bengkulu pada tahun 2017 ini lebih terkendali dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Endang Kurnia selaku Kepala BI Bengkulu beserta seluruh instansi juga mengimbau masyarakat agar memaknai ibadah puasa dengan khusyuk, yakni dengan hidup yang tidak berlebihan dengan berfoya-fota, melakukan hal-hal yang dapat merusak ibadah puasa itu sendiri, serta menahan hawa nafsu, termasuk juga masalah konsumsi makanan.

Jika Bengkulu saja sudah siap menyambut dan mempersiapkan tibanya Bulan Suci Ramadhan, maka kita pun patut berbenah diri untuk mempersiapkan diri menyambut bulan penuh rahmat dan ampunan nanti. (Resna)

Bagikan:
x

Check Also

Jugaran Bakso di Cipondoh Sempat Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Juragan bakso yang ditemukan tewas mengenaskan bernama Fera Yusika (42) di rumah ...

Juragan Bakso di Cipondoh Ditemukan Tewas

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Seorang mayat perempuan ditemukan mengenaskan disalah satu rumah kontrakan di Gang Kartini, ...

Dalam Hitungan Jam, Pelaku Penganiaya di Ciledug Ditangkap Polisi

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Pelaku penganiaya Rosmeri (16) dan Sumiati (38) berhasil ditangkap oleh Satreskrim Polres ...

Kapolrestro Tangerang Datangi Korban Pembacokan di Ciledug

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Harry Kurniawan langsung mendatangi korban pembacokan di ...

Tidak Terima Ditertibkan, Pedagang Tikam Satpam di Cikupa

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Salah seorang pria berinisial GF (22) diamankan petugas keamanan usai menjadi bulan-bulanan ...