Wow.. WNA di Tangsel Punya KTP Elektronik dan Masuk DPT Pemilu

Wow.. WNA di Tangsel Punya KTP Elektronik dan Masuk DPT Pemilu (Ilustrasi/Net)

NONSTOPNEWS.ID - Polemik warga negara asing (WNA) memiliki KTP elektronik nampaknya mulai meluas. Usai terjadi di beberapa daerah, kali ini 48 WNA yang memiliki KTP keluaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), terdapat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Hal itu dijelaskan Kepala Disdukcapil Tangsel, Dedi Budiawan.

"Ada sekitar 48 WNA di Tangsel yang memiliki KTP-el RI, dan 220 WNA lain memiliki surat keterangan penganti KTP," kata Dedi Budiawan saat dihubungi melalui sambungan telepon aplikasi whatsapp, Kamis (07/03/2019).

Namun Dedi sapaan akrab Kepala Disdukcapil Tangsel mengaku, hal itu (KTP elektronik WNA) dikeluarkan sebelum dirinya menjabat.

"Saya buka database ternyata ada sekitar 48 WNA yang memiliki KTP-el yang dicetak pada tahun 2016 dan 220 WNA lain memiliki surat keterangan penganti KTP-el Yang dibuat sekitar tahun 2017 sampai dengan Februari 2018. Sementara saya menjabat baru April 2018," tuturnya.

Sementara itu, Komisioner bidang Data Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tangsel Ajat Sudrajat, saat dikonfirmasi membenarkan adanya 48 WNA yang memiliki KTP dan ada sekitar 5 orang yang masuk dalam DPT. 

"Kelima orang tersebut berasal dari berbagai negara, 1 WNA Italia tinggal di Serpong, 1 WNA Tanzania tinggal di Pamulang, 2 WNA Jepang tinggal di Pondok Aren dan Serpong Utara, serta 1 WNA Selandia Baru tinggal di Pondok Aren. Kelimanya sudah dicoret dari DPT," katanya saat dihubungi melalui pesan Whatsapp. (ak)