WH 'Acak-acak' Jalur Protokol Kota Serang, Ini Sebabnya

WH 'Acak-acak' Jalur Protokol Kota Serang, Ini Sebabnya (Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Jalan Sudirman ruas Taman Patung Debus (patung) hingga perlintasan rel kereta api kawasan Kemang, Kota Serang, Senin (08/07/2019). 

Ruas jalan ini menjadi salah satu jalur padat di Kota Serang dan sering menimbulkan kemacetan. Selain sebagai akses keluar masuk ke Pintu Tol Serang Timur, di kawasan ini juga terdapat pusat perbelanjaan dan rumah sakit sehingga padat kendaraan. 

"Ruas ini sering macet, juga jadi pilihan para calon penumpang angkutan umum bus antar kota yang tidak mau naik atau turun bus di Terminal Pakupatan, Kota Serang," ujar WH

Dalam sidak ini WH meninjau langsung kondisi di lapangan dengan berjalan kaki dari sepanjang Jalan Sudirman, sejak Taman Patung Debus (patung) hingga perlintasan rel kereta api Kemang.  

Dalam sidak pembenahan trotoar jalan di kawasan ini, WH perintahkan ajudan untuk mengukur lebar trotoar.

"Coba ukur dan tandai dengan cat untuk memastikan kesesuaian antara apa yang telah direncanakan dengan pelaksanaan dalam pembenahan trotoar yang ramah bagi pejalan kaki," kata WH.

Gubernur WH pun menyoroti drainase di kawasan Kemang, Kota Serang ini. Pada saat hujan deras, di putaran balik Taman Patung Debus  hingga Gerbang Perumahan Highland Park (KSB) serta di tikungan menuju akses Pintu Tol Serang Timur seringkali terjadi genangan air. 

Dalam sidak ini, WH juga menjajaki pembangunan taman-taman di sisi jalan protokol dengan menggandeng pihak swasta, BUMN, hingga BUMD. Pembangunan taman diharapkan menjadikan nyaman bagi masyarakat Kota Serang.

Dalam kesempatan itu, WH juga perintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Permprov banten untuk mengkaji pembangunan jalan di sisi rel kereta api. Termasuk pula, pembangunan jalan-jalan tembus di sekitar jalan protokol. 

"Sehingga pembangunan jalan itu nantinya mampu mengurangi kepadatan lalu lintas di Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani, Kota Serang," bebernya.

Dalam periode tahun ketiga kepemimpinannya, infrastruktur yang menjadi kewenangan Pemprov Banten jadi fokus perhatian Gubernur WH. Ia ingin menjadikan Kota Serang layakan Kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten. (Eag)