Waspada..! 'Komplotan Nona' Incar Pendatang di Tanjung Priok

Waspada..! 'Komplotan Nona' Incar Pendatang di Tanjung Priok (Istimewa)

JAKARTA - Jajaran Polsek Metro Tanjung Priok menangkap komplotan Nona yang biasa beraksi menyasar para pendatang di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara. Mereka menjalankan aksinya dengan mengumpankan seorang anak kecil.

Kapolsek Metro Tanjung Priok Kompol Supriyanto mengatakan, keempat pelaku yang ditangkap masing-masing bernama Nona Hariyati (32), Dedi Suryadi (20), Yunus Rizkiawan (17), dan AG (15).

“Pelaku ini beroperasi setiap subuh, sekira pukul 04.00-05.00 WIB. Mereka menunggu penumpang yang datang dari luar kota,” kata Kapolsek, Senin (26/11/2018).

Kapolsek menyebut, kelompok ini dikomandoi oleh seorang perempuan bernama Nona Hariyati. Nona, kata Kapolsek, juga merupakan residivis dalam kasus serupa.

Mereka mengawali aksinya dengan mengincar terlebih dahulu penumpang yang menjadi sasaran. Selanjutnya anak kecil (AG) diumpankan kepada target dengan berpura-pura meminta uang kepada korban.

“Setelah dikasih uang, teman-temannya yang lain pada datang. Ngambil dompet, handphone, semua diambil. Setelah dapat mereka langsung pergi,” kata Kapolsek.

Polisi yang mendapat laporan dari korban, langsung melakukan pencarian dan mendapati Nona. Ia pun tidak dapat berkutik setelah barang bukti handphone milik kotban berada di balik kantong celananya.

“Setelah digeledah, ditemukan handphone di kantong pelaku dan ada korban yang mengaku itu handphone-nya. Kemudian kami kembangkan dan berhasil tangkap pelaku lainnya,” ungkap Kapolsek.

Barang bukti yang diamankan dari tangan para pelaku yakni senjata tajam serta handphone dan tas milik korban. Atas perbuatannya para pelaku dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. (*/HW)