Waspada Kebakaran Area Kargo Bandara Soetta, Angkasa Pura Gelar Simulasi Kebakaran

Waspada Kebakaran Area Kargo Bandara Soetta, Angkasa Pura Gelar Simulasi Kebakaran (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID - PT Angkasa Pura II (Persero) melalui Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menyelenggarakan pelatihan barisan relawan kebakaran kepada seluruh pihak.

Dalam pelatihan yang digelar di gedung Terminal Kargo dalam rangka mencegah dan penanggulangan bahaya kebakaran pada Selasa 10 September 2019.

Diharapkan, dengan digelarnya pelatihan kepada para relawan ini memberikan pengetahuan tentang pencegahan dan penanggulangannya. Sehingga meminimalisir resiko kebakaran, kerugian materi atau korban jiwa.

Senior Manager Bandara Soetta, Febri Toga Simatupang mengatakan, kegiatan latihan bersama seluruh relawan di gedung Terminal Kargo tersebut kali ini bertajuk ‘Menjamin Keselamatan Bisnis Kargo’.

“Kali ini kami menggelarnya di Kargo sebagai langkah strategis kami agar seluruh pihak, mulai dari pegawai, mitra usaha dan mitra lingkungan dapat memiliki tanggung jawab bersama. Sebab, kebakaran bukan tanggung jawab petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PK-PPK) saja,” papar Febri, Selasa (10/9/2019).

Kata Febri, dengan melatih dan memelihara serta meningkatkan kemampuan komunitas di gedung Terminal Kargo dalam upaya pencegahan serta respons cepat melakukan tindakan awal pemadaman kebakaran dapat mengurangi akibat dari kebakaran.

“Sehingga para relawan ini ketika melihat atau menghirup sesuatu yang mencurigakan dapat terjadinya kebakaran dapat melakukan tindakan awal seraya menghubungi petugas PK-PPK,” ucapnya.

Selain 80 peserta relawan di Terminal Kargo , turut jSoekarno-Hattdilibatkan seluruh entitas yang beraktivitas di Terminal Kargo seperti Polres Bandara Soetta dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Bandara Soekarno-Hatta.

Latihan barisan relawan ini adalah kegiatan simulasi yang dipayungi UU Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP/100/XI/1985, tentang Peraturan dan Tata Tertib Bandar Udara.

“Hari ini penyempurnaan latihan untuk relawan setelah sebelumnya mereka kami perkenalkan dengan perlengkapan hydrant, penggunaan hydrant sehingga kita semua dapat menjamin keselamatan dalam berbisnis di Terminal Kargo,” imbuhnya. (pm/red)