Warga Kampung Mural Gandasari Kota Tangerang Senang Kampungnya Jadi Indah

Warga Kampung Mural Gandasari Kota Tangerang Senang Kampungnya Jadi Indah
Warga Kampung Mural Gandasari Kota Tangerang Senang Kampungnya Jadi Indah
(Dok. Humas Kota Tangerang)

NONSTOPNEWS.ID - Salah satu kampung yang berada di tengah Kota Tangerang telah disulap indah menjadi warna-warni lukisan mural tiga dimensi. Lukisan mural yang dikerjakan oleh seniman-seniman lokal tersebut kini menjadi ikon dari Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang. 

Aksi Mural yang bertema tentang keindahan dan kebersihan lingkungan dengan sentuhan seni. Kaum muda melukis tembok dengan rangkaian warna-warni, konblok jalan juga dilukis untuk menggambarkan keindahan dan keasrian.

Bukan itu saja, berbagai tema juga diusung mulai dari sepakbola, kesenian, hingga flora dan fauna pun digambar pada tembok rumah-rumah warga dalam bentuk lukisan tiga dimensi. Pemandangan indah yang terpancar di kampung tersebut juga menjadi tempat yang menarik untuk ajang swafoto.

“Kami bangga sekali bahwa masyarakat di sini antusiasnya tinggi sekali,” ungkap Sugianto, salah satu seniman itu.

Diketahui, Kampung Mural Gandasari telah menjadi ikon Kota Tangerang dan daerah tujuan wisata baru oleh pemerintah setempat. Lurah Gandasari, Edih menyebut, awal mula masyarakat peduli pada lingkungan, yaitu dengan mempercantik setiap RW di wilayah Gandasari.

"Dengan viralnya mural, hal itu memacu dengan meningkatkan kreatifitas remaja dan pemuda di tingkat kecamatan dan kelurahan, dengan Dinas Pariwisata mengelar Festival dan Lomba diantaranya Mural, Band musik dan dua lomba kearifan lokal sesuai dengan potensi wilayah," ujar Edih, belum lama ini.

Bagian rangkaian lomba tingkat Kota Tangerang Kelurahan Gandasari sibuk menata dengan nuasa keindahan di Kampung Cikoneng Kelurahan Gandasari Kota Tangerang.

“Jika hal ini dapat dilakukan untuk mengangkat suatu potensi di setiap wilayah karena Kota Tangerang terdiri dari 13 kecamatan yang memiliki karakter yang berbeda-beda dari ciri khas sendiri,” ujarnya.

Semua itu dilakukan warga Kelurahan Gandasari sekaligus mempromosikan Kota Tangerang sebagai kota layak huni.

“Begitu indah jika dilihat pada waktu malam hari dan sore hari. Merupakan antusias warga Gandasari menyambut adanya kampung pemuda yang diadakan lomba-lomba yang sudah dilaksanakan seperti lomba bola tendang, futsal dan lomba catur serta keindahan kegiatan macam ini harus digunakan sebagai motifasi dan kreatifitas pemuda di Kota Tangerang untuk dapat melakukan hal-hal yang sangat positif agar terjauh dan terhindar dari perilaku pergaulan bebas,” ungkap Lurah.

Salah satu warga mengatakan bahwa dirinya senang dengan diberikan ruangan ide agar para pemuda dapat berkreasi dan bakatnya dapat disalurkan. Akulterasi budaya dilakukan dan dilaksanakan oleh semua RW, Karang Taruna, kader posyandu, ibu PKK, kegiatan ini memotifasikan ke seluruh para pemuda agar menjadi pemuda yang terbaik di setiap wilayah. (ADV)