Walkot Jakbar Ancam Robohkan Bangunan Tanpa Izin, Minta Dinas Cipta Karya Tak Memble

Walkot Jakbar Ancam Robohkan Bangunan Tanpa Izin, Minta Dinas Cipta Karya Tak Memble
Walkot Jakbar Ancam Robohkan Bangunan Tanpa Izin, Minta Dinas Cipta Karya Tak Memble
(Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Walikota Jakarta Barat, Rustam Effendi menegaskan, pihaknya tidak akan mentolelir adanya persoalan bangunan bermasalah yang kini marak di wilayah Kecamatan Grogol Petamburan. 

Rustam meminta kepada pihak Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) dan Satpol PP Jakarta Barat agar bertindak tegas dalam menegakan aturan.

"Bangunan itu tidak ada izin, atau menyalahi izin agar ditegakkan aturan. Citata dan Satpol harus lebih aktif melakukan pengawasan dan penegakan aturan," kata Walikota, kepada Nonstopnews.id, Selasa (9/7/2019).

Perintah Rustam memang tak hanya omong kosong, pantauan disejumlah lokasi, untuk wilayah Kecamatan Grogol Petamburan misalnya, bukan rahasia umum lagi, dimana menjadi sarang bangunan bernasalah.

Tak hanya masalah bangunan tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan menyalahi Garis Sepadan Bangunan (GSB) juga marak.

Akan tetapi, dilokasi itu juga banyak pula bangunan yang tidak sesuai dengan peruntukan. Meskipun demikian, tampaknya belum ada upaya tindakan tegas dari instansi yang terkait.

"Kalau di wilayah Kecamatan Gropet banyak bangunan bermasalah. Seperti bangunan ruko di jalan Jelambar Jaya II GG. 14 No. 48 RT. 007/ 003 dan Bangunan kos-kos an dijalan Jelambar Jaya 4 RW 09 Jelambar Baru, Grogol tak sesuai IMB," ujar warga yang tak mau disebut namanya.

Bukan hanya itu saja, bangunan ruko lima unit yang diduga tak sesuai dengan IMB juga belum ditindak dinas terkait. Ruko tersebut berizin IMB rumah tinggal dijalan Perum Taman Duta Mas RT 09/05 Kelurahan Wijaya Kusuma.

"Sampai sekarang belum juga dibongkar oleh petugas yang terkait. Tentu kita bertanya ada apa sebenarnya dengan bangunan tersebut," kata Syaipul salah seorang warga ketika ditemui di kantor Kecamatan Grogol Petamburan. (Man)