Waduh! Janda Banyak di Kab Tangerang, Masuk 10 Besar se-Indonesia

Waduh! Janda Banyak di Kab Tangerang,  Masuk 10 Besar se-Indonesia (Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Wanita yang bakal menyandang status janda bakal bertambah banyak. Pasalnya, ribuan wanita diketahui mengajukan perceraian di pengadilan Agama (PA) Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. PA mencatat, angka perceraian terus mengalami peningkatan setiap bulan.

Tercatat, sejak Januari hingga Juni 2019, sebanyak 4.279 kasus perceraian diajukan ke Pengadilan Agama Kabupaten Tangerang. Bahkan jumlah tersebut membuat angka perceraian di wilayah ini menempati peringkat 10 besar se-Indonesia.

"Sejak Januari hingga Juni 2019 terdapat 4.279 kasus perceraian," kata Ketua Majelis Pengadilan Agama Tigaraksa, Asep Syayuti melalui keterangan tertulis, Senin (24/6/2019) kemarin.

Asep juga mengatakan kasus perceraian di Tigaraksa masuk dalam peringkat 10 besar se- nasional, dengan jumlah penyelesaian perkara menempati peringkat 15.

"Perselingkuhan dan ekonomi jadi faktor utama penyebab banyaknya perceraian," tambah Asep.

Asep juga melanjutkan, dengan angka tersebut terbilang cukup tinggi, penyebabnya mayoritas karena alasan klasik seperti perselisihan, perselingkuhan yang berujung pertengkaran dan tidak kunjung selesai, serta faktor ekonomi dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

"Kemudian ada 1.416 kasus perceraian yang disebabkan oleh perselisihan dan pertengkaran, 451 kasus untuk faktor ekonomi, 487 kasus karena meninggalkan salah satu pasangan, dan KDRT sekitar 65 kasus,” jelas Asep.

Yang menjadi keprihatinan lanjut Asep lagi, dari ribuan kasus tersebut mayoritas perempuan yang meminta cerai. (Mn)