Wabah Corona, Gubernur Banten Pertimbangkan Opsi Lockdown

Wabah Corona, Gubernur Banten Pertimbangkan Opsi Lockdown (Au-nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) akan mempertimbangkan penerapan lockdown atau isolasi satu kota untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.
Sebelumnya, WH menerbitkan surat edaran penghentian sementara kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah kewenangannya, dan diikuti kabupaten/kota di Banten.

“Untuk pemberlakukan lockdown ada pertimbangan-pertimbangan khusus, inikan tidak sederhana karena pasti menyangkut inflasi, menyangkut ekonomi, serta interaksi sosial,” ucap WH usai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Senin (19/03/2020).

Pihaknya akan menganalisa terkait penerapan tersebut, dan nanti hasilnya akan dilaporkan kepada pihak pemerintah. Karena, sambungnya, dalam pemberlakuan lockdown tidak semudah yang dibayangkan. Jika diberlakukan akan menyasar kebeberapa sektor, tetapi pihaknya akan mempertimbangkan.

“Ini masih dipertimbangkan, penerapannya tidak gampang. Jadi tidak bisa langsung, terlebih potensi ekonomi harus diproteksi antara satu daerah dengan daerah lainnya,” katanya.

Mantan Walikota Tangerang tersebut menambahkan, kedepan akan diadakan rapat dengan beberapa instansi, karena untuk memberlakukan hal tersebut harus melibatkan berbagai unsur daerah dan aparatur negara.

“Nanti kita rapatkan dengan teman-teman di forum, karena ini kan memerlukan TNI, Polisi, dan sebagainya,” tutupnya. (ATM/AU)