Viral Soal Pungli di Bintaro, Ini Kata PLN UID Banten

Viral Soal Pungli di Bintaro, Ini Kata PLN UID Banten (Istimewa)

TANGSEL - Setelah merebak informasi adanya pungutan liar yang dilakukan oleh oknum petugas yang mengaku dari PLN di wilayah Bintaro, Humas Unit Induk Distribusi (UID) Banten angkat bicara.

Melalui Humasnya, Alit menyatakan,  setiap transaksi yang dibebankan kepada masyarakat, semuanya melalui bank yang ditunjuk.

"Sekarang lagi marak info penipuan mengatasnamakan PLN atau mitra kerja. PLN tidak pernah ada transaksi langsung, semua transaksi melalui Bank atau Payment Point Online Bank (PPOB)," kata Alit, kepada Nonstopnews.id, Kamis (20/12/2018).

Alit manyarankan agar masyarakat melaporkan kepada polisi jika bertemu oknum yang melakukan pungli. 

Alit menambahkan, saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dengan menginformasi bahwa PLN tidak pernah melakukan transaksi langsung.

"Selalu kita sosialisasikan. Ada kartu nama petugas serta surat tugas, dan ciri ciri yang pasti tidak ada transaksi langsung. Jadi, kalau ada transaksi langsung mengatasnamakan PLN, itu sudah bisa di pastikan penipuan," tuturnya.

Pihaknya sampai saat ini belum melakukan tindakan karena bukan wewenang PLN. 

"Saat ini kita baru tahap sosialisasi, untuk sidak gitu belum jadi wewenang kita, ada pihak berwajib yang lebih berhak untuk menangkap oknum itu," paparnya. 

Alit juga menjelaskan, kalau ternyata pegawai PLN sendiri atau mitra kerja yang melakukannya, akan ditindak tegas," pungkasnya.

Sebelumnya, beredar surat palsu penagihan pembayaran perubahan nomor ID pelanggan PLN dikalangan masyarat. Dalam surat yang diunggah di media sosial facebook, tertera pungutan liar sebesar Rp. 400 ribu. (ak)