Video Ajakan Anti Hoaxnya Viral, Kapolres Karawang Raih Penghargaan

Video Ajakan Anti Hoaxnya Viral, Kapolres Karawang Raih Penghargaan (Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waluyo Saat Menerima)

KARAWANG - Pembuatan Video yang dilakukan oleh Kapolres Karawang untuk mengajak masyarakat agar tidak terpancing terhadap berita yang belum jelas kebenarannya (hoax). Rupanya menarik perhatian dari Lembaga Kajian Strategi Kepolisian Indonesia (Lemkapi).

Lemkapi sendiri menilai video ajakan masyarakat terhadap berita Hoax sangat kreatif. Sehingga Lemkapi memberikan penghargaan Promoter Reward kepada Kepolisian Resor Karawang, Jawa Barat, atas pembuatan video anti hoaks yang banyak mendapatkan pujian dari masyarakat baru-baru ini.

"Kinerja postif polisi tentunya harus dihargai. Promoter Reward ini diharapkan menjadi montivasi bagi polisi lainnya agar kinerja mereka dalam melayani masyarakat terus ditingkatkan," ujar Edi kepada sejumlah awak.media seusai memberikan penghargaan tersebut di Aula Mapolres Karawang, kemarin.

Menurut mantan komisioner Kompolnas, pemberian Promoter Reward kepada kepolisian bukan ini saja, awal Oktober 2018 lalu, Lemkapi juga mengapreasi 4 anggota Polres Solo menyetop sementata iring-iringan rombongan Ptesiden RI Joko Widodo, untuk mendahului perjalanan ambulance yang membawa orang sakit.

"Ini juga diapreasi oleh bapak presiden sebagai bentuk pelayanan kepolisian kepada masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu Kapolres Karawang, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Slamet Waloya mengungkapkan, video yang sengaja dibuatnya menyebar di media sosial di Karawang, Jawa Barat.

"Kami awalnya mengunggah  video itu pada ke sejumlah media sosial yang kerap dilihat masyarakat Karawang. Tetapi ternyata unggahan itu mendapat respons positif dari masyarakat yang kemudian mengunggah ulang ke media sosial lainnya dan menjadi viral," ungkap Slamet

Terus terang saja lanjut Slamet, pihaknya sempat kaget  ketika tahu video itu viral dalam waktu singkat. Selanjutnya dunia maya di Kabupaten Karawang sempat heboh dengan munculnya lagu parodi tema Asian Games 2018, yang syairnya diubah menjadi lagu anti hoaks. 

Penyanyi yang tampil di video itu bukan warga biasa tetapi Kapolres Karawang beserta jajarannya. Dalam waktu singkat video tersebut menyebar dan mendapat pujian dari berbagai elemen masyarakat Karawang. 

"Merekapun sadar jika selama ini banyak yang terhasut isu berita hoaks. Saatnya kita semua melawan hoaks ," imbuhnya.(wr/hw)